Kata CEO Instagram Soal WhatsApp Sadap Chat untuk Iklan

Addiction.id-Jakarta Tak sedikit orang yang merasa disadap lewat aplikasi seluler. Salah satu kasusnya, tak lama setelah membicarakan suatu produk di aplikasi, iklan soal produk tersebut muncul di internet.

Beberapa waktu lalu, seorang warganet menceritakan pengalaman ini saat menggunakan WhatsApp, yang ia sebut bisa ‘menguping’ isi obrolannya. Dia mengatakan, ia sembat berbalas pesan dengan kawannya dan menyinggung suatu merek permen. Lalu keesokannya, ia melihat iklan merek permen tersebut di suatu website.

Hal itu rupanya dialami oleh banyak orang. Di saat membicarakan produk tertentu di chat, kemudian akan muncul iklan merek tersebut di internet. Adapun hasil obrolan di WhatsApp sering kali memunculkan iklan–yang berkaitan dengan obrolan–di Facebook dan Instagram.

Sebelumnya, CEO Instagram Adam Mosseri pernah menjelaskan hal tersebut di 2019 silam. Ia mengatakan, saat iklan yang muncul berkaitan dengan yang dibicarakan di WhatsApp ada dua kemungkinan. Pertama keberuntungan atau alam bawah sadar akibat ketertarikan pada suatu hal.

“Anda mungkin secara tidak sadar berinteraksi dengan konten yang sesuai dengan minat Anda. Sebagai contoh, mungkin Anda tertarik pada makanan dan restoran. Kemudian Anda menemukan foto restoran di Facebook atau Instagram, dan Anda menyukai foto tersebut. Inilah yang kami sebut sebagai top of mind, mungkin hal tersebut dilakukan secara tidak sadar, dan konten serupa akan muncul kembali,” terang dia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :