IGDX Business Buka Peluang Investasi dan Kerja Sama di Industri Game

Addiction.id-Jakarta Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) tahun ini akan segera hadir. Ini akan menjadi kali ketiganya acara tersebut digelar. Kali ini, IGDX akan digelar secara hybrid (online dan offline) dengan serangkaian acara seperti IGDX Academy, IGDX Business, dan IGDX Conference.

Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) ini ditujukan untuk mendorong industri game lokal ke jenjang internasional.

IGDX 2021 ini diharapkan membantu pengembangan capacity building para developer agar bisa membuat game yang berdaya saing. Selain itu, IGDX juga akan membantu para developer lokal untuk mengembangkan bisnisnya.

Adapun salah satu cara untuk mewujudkan harapan tersebut ialah dengan menggelar IGDX Business, yang akan mempertemukan game developer Indonesia dengan publisher, studio game global, pemerintah, game developer asing, dan investor lokal dan luar negeri secara online.

IGDX Business sendiri akan dihadiri para pelaku usaha di bidang industri game, dan akan dilaksanakan pada 18-21 November 2021 melalui www.igdx.id.

Untuk kegiatan ini, AGI dan Kemkominfo memanfaatkan platform Meet to Match sebagai platform matchmaking yang memiliki jejaring luas dari perusahaan game di seluruh dunia.

Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno menjelaskan bahwa kegiatan ini berformat business matchmaking, sehingga tak menutup kemungkinan perusahaan outsourcing Indonesia menyediakan jasanya ke perusahaan luar negeri. Terlebih, kata dia, banyak karya talenta Indonesia bisa bersaing di level internasional.

“IGDX Business hadir untuk membuka akses dan memungkinkan teman-teman yang tak punya sarana dan kesempatan bisa bertemu dengan potensial partner mereka. Impian IGDX Business ialah membantu percepatan pertumbuhan skala industri gim kita, melalui kerja sama internasional ataupun lokal, dengan memperbanyak business matchmaking bagi game developer,” tutur Cipto, dikutip Kamis (11/11).

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A Pangerapan menuturkan bahwa IGDX Business menjadi instrumen penting dari rangkaian penyelenggaraan IGDX 2021. Dengan program ini, banyak peluang kerja sama dan pengembangan bisnis baru bisa terwujud.

“Kami berharap pelaksanaan IGDX Business bisa mendatangkan investasi atau pendanaan untuk game developer lokal dalam mengembangkan atau memasarkan produk game. Ketika bisnis berkembang, maka ekonomi Indonesia dari industri game Indonesia juga akan bertumbuh,” tutur dia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :