Valuasi Alphabet Mencapai Rp28.468 Triliun

Addiction.id-Jakarta Alphabet, perusahaan induk Google, mencapai valuasi sebesar $2 triliun (atau sekitar Rp28.468 triliun). Angka ini naik sekitar dua kali lipat dari $1 triliun sejak Januari 2020.

Pada kuartal ketiga tahun 2021, Alphabet mencetak rekor kuartal, dengan menghasilkan $65,1 miliar. Perusahaan melaporkan bahwa pendapatannya melonjak 41%, sementara keuntungannya melonjak hampir 69%. Google Search mengalami sedikit peningkatan laba, naik menjadi $37,9 miliar dari $35,8 miliar pada kuartal sebelumnya. Selain itu, anak Alphabet lainnya, YouTube, mendapat $7,2 miliar pada kuartal terakhir ini.

Selama pandemi COVID-19, raksasa teknologi tersebut memang berkembang pesat. Saat perusahaan di seluruh dunia mengalihkan tempat kerjanya dari tatap muka ke online berbasis cloud, Google mendapat keuntungan dari layanan penyimpanan cloud-nya dan iklan digital.

Dengan capaian itu, Alphabet nyaris menyusul Apple dan Microsoft, sebagai salah satu dari tiga perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat yang masuk kelompok eksklusif dengan nilai $2 triliun. Apple mencapai angka itu pada April tahun lalu, sementara Microsoft mencapai $2 triliun pada Juni lalu. Amazon hampir bergabung dengan kelompok itu, namun nilainya saat ini baru mencapai $1,7 triliun.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :