Gojek Sabet Penghargaan di UN Women 2021

Addiction.id-Jakarta Gojek baru saja menyabet penghargaan di ajang UN Women 2021 Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs). Perusahaan ini meraih juara satu untuk kategori Transparency and Reporting.

Untuk diketahui, ajang penghargaan ini digelar oleh WeEmpowerAsia, program UN Women. Ajang ini didanai dan bekerja sama dengan Uni Eropa. Penghargaan ini merupakan bagian dari perayaan 10 tahun Women Empowerment Principles dan berdirinya UN Women.

Adapun capaian itu didapat Gojek lantaran telah mempraktikan nilai keberagaman, kesetaraan, dan inklusivitas (diversity, equity, and inclusion/DEI) di berbagai kegiatan, dari perekrutan karyawan, pengembangan, hingga dukungan terhadap talenta yang ada.

Tanah Sullivan, Head of Sustainability GoTo Group, mengaku pihaknya sangat bangga atas capaian Gojek itu. “Ini mempertegas misi Gojek untuk membentuk budaya organisasi yang aktif mendorong aspek keberagaman, mampu menarik dan mempertahankan talenta terbaik yang ada di tingkat global dan dapat menjadi tempat di mana setiap orang merasa dihargai, dilibatkan, dihormati dan disertakan,” tuturnya melalui keterangan tertulis, Senin (1/11).

Demi mewujudkan nilai-nilai itu, lanjut Sullivan, Gojek membentuk Dewan yang beranggotakan para karyawan dari berbagai tingkatan. Para manajemen senior dan CEO juga ikut memastikan bahwa nilai dan metrik DEI sudah mengakar di perusahaan.

Pada awal 2021, Gojek juga merilis laporan sustainability yang merupakan inisiatif DEI, sebagai bagian dari akuntabilitas.

Sullivan menambahkan, pada 2020, Gojek juga pernah meraih penghargaan yang sama untuk kategori Community and Industry Engagement. Penghargaan ini diberikan atas inisiatif #AmanBersamaGojek yang mendorong budaya aman di ruang publik, terutama agar perempuan bisa leluasa beraktivitas.

Ia mengatakan bahwa Gojek aktif dan konsisten mengakselerasi kesetaraan gender dengan menyelenggarakan berbagai inisiatif, sebagaimana komitmennya Zero Emissions, Zero Waste, Zero Barriers. Gojek juga menjadi perusahaan pertama dari Indonesia yang mendukung No Manel Pledge PBB untuk memberi ruang dan kesempatan kepada perempuan. Pun membentuk Women@Gojek, yaitu kelompok untuk menumbuhkan kesadaran, rasa hormat, dan inklusivitas di tempat kerja.

“Penghargaan ini tidak hanya sebagai apresiasi, tapi juga sebagai bukti bahwa berbagai inisiatif yang dilakukan oleh Gojek untuk mencapai kesetaraan sudah tepat. Kami senang karena secara konsisten dapat terus memberikan dampak positif bagi Indonesia baik dari sisi ekonomi, lingkungan, maupun sosial,” tuturnya.

Salah satu juri kategori Transparency and Reporting, sekaligus Direktur Pembinaan Asosiasi Profesi dan Swasta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, Eko Novi Ariyanti, menjelaskan bahwa kategori ini ditujukan bagi perusahaan yang punya kerangka akuntabilitas dan punya target.

“Serta secara konsisten melaporkan dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja mereka untuk mencapai indikator gender equality. Kategori ini juga mengenali upaya perusahaan yang melakukan audit dan analisis masalah terkait isu gender, seperti kesenjangan upah gender atau kepada perusahaan yang berkomitmen meningkatkan jumlah indikator gender yang kemudian mereka laporkan secara publik setiap tahun,” kata dia.

Sebagai informasi, UN Women 2021 Asia-Pacific Women Empowerment Principles digelar secara virtual dan dihadiri oleh Koordinator Residen PBB di Indonesia, Valerie Julliand, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia & Brunei Darussalam, Vincent Piket, Anggota Dewan Koalisi Bisnis Indonesia untuk Pemberdayaan Perempuan, Shinta Kamdani, Perwakilan dan Penghubung UN Women Indonesia untuk ASEAN, Jamshed Kazi, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, I Gusti Bintang Darmawati.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :