Twitter Hadirkan Program Spark Untuk Kreator Spaces

Addiction.id-Jakarta Twitter akan menghadirkan program akselerator tiga bulan, Spark, untuk mendukung kreator Twitter Spaces, lapor The Verge (14/10).

Perusahaan menjelaskan bahwa program Spark dirancang untuk “menemukan dan menghargai” sekitar 150 kreator Spaces, dengan dukungan teknis, keuangan, dan pemasaran.

Bagi siapa saja yang mendaftar dan masuk program tersebut, akan mendapat tunjangan $2.500 (sekitar Rp35 juta) per bulan, kredit iklan bulanan $500 (sekitar Rp7 juta) untuk mempromosikan Space di Twitter, akses awal ke fitur baru Twitter, dukungan dari pemegang media sosial resmi Twitter, dan kesempatan diprioritaskan untuk ditemukan supaya Spaces bekerja dengan baik.

Supaya bisa mengikut program Spark, pengguna harus memenuhi sejumlah kriteria, yaitu: berusia 18 tahun ke atas; punya lebih dari 5.000 pengikut aktif; berlokasi di Amerika Serikat (setidaknya, untuk fase pertama program ini berjalan); komitmen menyelenggarakan Spaces dua kali seminggu; dan sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman resmi Twitter.

Pendaftaran untuk Program Spark Spaces Twitter itu dibuka hingga 22 Oktober 2021.

Untuk diketahui, program Sparks ini serupa dengan program Creator First milik Clubhouse, yang dirilis Maret lalu. Namun, Twitter menawarkan fasilitas yang sedikit berbeda dibandingkan dengan program Creator First. Creator First berfokus untuk menghubungkan kreator dengan merek untuk sponsor dan menggandeng audiens. Selain itu, sebagai tahap awal, Clubhouse memberi $5.000 (sekitar Rp70 juta) per bulan.

Perihal Creator First itu, kreator mengaku senang telah dibantu oleh Clubhouse. Namun, rupanya perusahaan tak bisa mempertahankan tawarannya untuk menghubungkan acara dan kreator dengan iklan dan sponsor, yang mampu mendukung mereka setelah program berakhir.

Sementara itu, mengenai program Spark, Twitter tampaknya menghindari pertanyaan: apa yang terjadi setelahnya?—setidaknya untuk saat ini. Pasalnya, ini menjadi masalah yang sulit dipecahkan. Namun, di lain sisi, hal ini juga memberi ketidakpastian kepada kreator.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :