Tren Video YouTube di Indonesia

Addiction.id-Jakarta YouTube Indonesia membeberkan tren video dari awal 2020 hingga kuartal pertama 2021.

“Banyak tren video yang terus bertumbuh, salah satunya video mengenai skincare yang berkembang lebih dari dua kali year-on-year di Indonesia,” ungkap Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing di Google Indonesia, dikutip Kamis (14/10).

Selain soal skincare, waktu tonton video dengan topik drama dan keuangan juga meningkat dua kali lipat lebih. Lalu, video tentang makanan naik 40%, tentang game RPG naik 70%, dan waktu tonton untuk video perawatan kulit khusus lelaki pun naik dua kali lipat.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, menuturkan bahwa kenaikan waktu tonton itu menjadi bukti bahwa masyarakat di Indonesia mempelajari hal baru selama pandemi.

Untuk diketahui, sejak pandemi COVID-19 melanda pada 2020, terjadi peningkatan penggunaan YouTube di Indonesia. Menurut survei ComScore VMX, ada lebih dari 100 juta pengguna di Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas menonton video di YouTube per bulannya.

Lebih lanjut, menurut studi yang dilakukan Google pada Juni 2021, semakin banyak generasi Z yang melek tentang pentingnya keuangan dan ingin belajar investasi. Selain itu, selama pandemi pertumbuhan kreator dan pelanggan juga meningkat.

Adapun hingga kini ada 1.000 saluran YouTube di Indonesia yang punya subscriber lebih dari satu juta. Kemudian ada 25 kreator Indonesia yang mendapat Diamond Play Button karena telah memiliki 10 juta subscriber.

Sedangkan, kanal yang memiliki lebih dari 100.000 subscriber saat ini tercatat sebanyak lebih dari 11.000 saluran YouTube di Indonesia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :