Jual Tanah Secara Ilegal, Facebook Ancam Blokir Akun

Addiction.id-Jakarta Facebook baru saja menegaskan bahwa pihaknya melarang penjualan tanah yang dilindungi. Hal ini juga berlaku untuk anak usahanya, Instagram dan WhatsApp. Jika suatu akun kedapatan melanggar kebijakan ini, maka akunnya akan diblokir.

“Tidak boleh mempromosikan pembelian atau penjualan hewan atau produk hewan, atau lahan di kawasan konservasi ekologis,” demikian kebijakan baru Facebook, dikutip Senin (11/10).

Selain itu, perusahaan juga akan melakukan daftar referensi silang terhadap database lahan yang dilindungi. Ini untuk mengidentifikasi siapa saja yang melanggar kebijakannya. Adapun kebijakan itu berlaku untuk semua wilayah.  

Untuk diketahui, kebijakan itu diumumkan setelah hasil investigasi BBC Februari lalu mendapati segelintir orang yang menjual tanah di hutan hujan Amazon Brasil di alternatif Craigslist Facebook. Adapun penjualan tanah di kawasan konservasi semacam itu biasanya ilegal, dan akan berdampak buruk pada ekosistem di sana.

BBC juga menemukan tanah semacam itu sering dijual tanpa sertifikat tanah resmi yang menunjukkan kepemilikan. Munculnya masalah ini rupanya dilatarbelakangi deforestasi Amazon, yang disebabkan oleh industri ternak Brasil.

“Facebook mulanya merasa tak perlu menghentikan penjualan tanah ilegal di Amazon secara independen, mengingat kebijakan perdagangannya mengharuskan pembeli dan penjual untuk mematuhi hukum dan peraturan,” ujar juru bicara perusahaan. Namun, kini perusahaan memperbarui kebijakannya untuk menindaklanjuti masalah itu.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :