Bagaimana Memperkuat Strategi Periklanan Video Online

Oleh: Taranjeet Singh, Managing Director, SEA dan India, Criteo

Addiction.id Kini kebiasaan menonton TV telah berubah. Hanya dalam beberapa tahun, kita beralih dari menonton TV di rumah menjadi streaming video langsung di perangkat mana pun, di mana saja, di mana saja—hanya dengan ujung jari. Kita menonton konten video selama berjam-jam dalam seminggu di ponsel, laptop, desktop dan tablet, smart TV, dan perangkat streaming lainnya—dan ini telah menarik perhatian pemasar di seluruh dunia.

Pandemi COVID-19, secara signifikan, telah mengubah perilaku konsumen ke arah streaming video di kalangan semua usia. Didapati bahwa seorang individu rata-rata menghabiskan sekitar 7 jam dan 55 menit untuk melihat konten video secara online.

Penayangan video mengambil lompatan besar dan mendorong pemasar untuk berinvestasi lebih banyak dalam membuat kampanye iklan video, demi menjangkau konsumen sesuai dengan kebiasaannya. Pada saat yang sama, pemasar di bawah tekanan untuk mendapat return of investment (ROI) dan memberi  hasil bisnis dari penjualan dan pendapatan, serta membangun kampanye iklan yang paling efektif ialah  yang terpenting.

Saat konsumen mengalami kelelahan digital dan perhatian mereka terhadapnya jadi lebih pendek, iklan video bisa menarik perhatian mereka di berbagai saluran, dan mengarahkan mereka ke saluran pembelian.

Untuk membangun strategi periklanan video online yang kuat, ikuti lima aturan ini agar bisnismu memenuhi sasaran.

Taranjeet Singh

Buat strategi media perdagangan

Media perdagangan ialah pendekatan periklanan digital yang menggabungkan data perdagangan dan kecerdasan, untuk menargetkan konsumen sepanjang perjalanan belanja mereka dan membantu pemasar dan pemilik media mendorong hasil perdagangan (penjualan, pendapatan, prospek).

Untuk membangun strategi media perdagangan untuk video, pemasar dan agensi iklan harus meluncurkan kampanye iklan video yang menggugah pelanggan untuk melakukan pembelian. Ini dilakukan dengan pendekatan penuh, mulai dari kesadaran, pertimbangan, hingga konversi, serta kampanye yang mendorong pelanggan untuk menemukan lebih banyak produk atau layanan dan menjadi pelanggan setia.

Seiring semakin digital dan kaburnya aktivitas offlineonline, waktu antara “penemuan” brand dan konversi semakin berkurang. Pemasar yang aktif berkampanye lewat iklan video cenderung membuat kesan abadi pada konsumen dan memengaruhi keputusan pembelian yang lebih cepat.

Semua kampanye ini idealnya harus berjalan pada waktu yang sama, melalui mitra teknologi yang sama, untuk mendorong audiens dari satu tahap perjalanan pelanggan ke tahap berikutnya. Ini juga memberi pemasar kemampuan untuk melacak audiens dari penayangan iklan video awal hingga klik dan konversi.

Bangun audiens terlebih dahulu

Sebelum memikirkan saluran, perangkat, atau format iklan, langkah pertama untuk membuat kampanye video adalah memilih pemirsa yang tepat untuk setiap tujuan.

Setiap kampanye akan melibatkan audiens yang berbeda dan memiliki serangkaian indikator kinerja utama (KPI) sendiri, tergantung riwayat digital tager audiens. Misalnya, untuk kampanye kesadaran atau awareness, ini semua tentang menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, juga penting untuk mempersempit audiens menjadi orang-orang yang potensial membeli produk atau layanan Anda—berdasarkan data yang tersedia untuk Anda.

Jadilah saluran, perangkat, dan format agnostik

Setelah membangun audiens kampanye, saluran, perangkat, dan format iklan untuk kampanye harus bergantung pada tempat audiens menghabiskan waktu dan di mana mereka, paling mungkin, melihat atau terlibat dengan iklan Anda.

Setiap konsumen punya kebiasaan menonton video yang berbeda, dan Anda harus bisa menjangkau mereka di mana pun, kapan pun, atau mengetahui bagaimana mereka melihat konten video. Ketimbang berfokus pada format iklan tertentu (seperti in-stream dan outstream), fokuslah untuk menemukan solusi periklanan video yang memberi Anda akses ke berbagai sumber inventaris, melalui hubungan langsung dengan penerbit premium dan layanan streaming video.

Bangun percakapan

Meningkatnya penggunaan media digital telah menyebabkan sebagian besar bisnis beralih ke mode online. Menautkan, mengoptimalkan, dan mengotomatiskan video pemasaran memungkinkan tingkat konversi web yang lebih tinggi. Selain itu, memanifestasikan video di halaman arahan bisa sangat berpengaruh bagi brand untuk menghasilkan lalu lintas yang menguntungkan.

Ukur kampanye video online secara holistik

Mengukur kampanye video Anda adalah bagian penting dari kesuksesan Anda, dan sama pentingnya dengan melakukan hal terbaik saat Anda membuat dan menyiapkan kampanye. Meskipun kampanye Anda punya KPI sendiri, penting untuk melacak bagaimana setiap kampanye mendorong pelanggan ke saluran pembelian dan memengaruhi hasil bisnis—seperti penjualan, pendapatan, dan ROI.

Salah satu cara mengukurnya yaitu dengan melihat pemasaran Anda dari perspektif menyeluruh. Dengan begitu, lebih mudah untuk melihat bagaimana kampanye video berkontribusi pada konversi, meskipun kampanye tersebut tak secara langsung mendorongnya. Pelaporan yang Anda dapat dari  mitra iklan Anda mesti menunjukkan aliran audiens kampanye Anda, dari penayangan video pertama hingga titik penjualan. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan pengeluaran iklan Anda langsung ke penjualan.

Misalnya, pelanggan baru menonton iklan video Anda ketika mereka streaming melalui perangkat over the top (OTT). Jika pelanggan tersebut menjadi audiens kampanye dan kemudian melakukan pembelian melalui iklan konversi, Anda bisa menunjukkan bahwa kampanye OTT berdampak pada penjualan Anda. Pandemi telah mengubah cara konsumen memanfaatkan ruang digital. Dari kerja jarak jauh, pendidikan online, hingga streaming video, ada peningkatan drastis pada konsumsi konten. Aman untuk mengatakan bahwa iklan video online akan tetap ada, dan bakal semakin canggih seiring dengan konsumsi konten video yang meningkat. Dan ini, menjadikannya peluang optimal bagi pemasar untuk berinvestasi dan tetap berada di depan kurva.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :