Strategi Supaya Bisnis Kuliner Jalan Terus

Addiction.id-Jakarta Membuka bisnis kuliner kekinian punya peluang besar di pasar. Bahkan, pebisnis bisa meraup cuan meski modal sedikit dan model bisnis yang lebih sederhana. Demikian ungkap Bisma Adi Putra, CEO Masakin Group & co-Founder Menantea.

“Karena modalnya lebih sedikit kalau pakai konsep kekinian, modal secara duit lebih sedikit, usaha secara operasional juga jauh lebih terkontrol karena karyawannya sedikit, dan peralatannya sedikit. Terus, jauh lebih relevan dengan anak muda sekarang,” tutur Bisma, dikutip Rabu (6/10).

Ia mengingatkan bahwa bisnis kuliner akan terus mengalami perubahan sehingga pelaku usahanya harus dinamis. “Dalam setahun, minimal dua kali tren dan market. Yang viral dan yang trending itu pasti ada tiap tahun. Karena itu, kita nggak pernah bisa stagnan, harus terus bergerak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bisma membeberkan strategi apa saja supaya bisnis tetap jalan terus. Ia mengatakan bahwa pebisnis harus tetap kreatif dan inovatif. Adapun untuk mendapat inspirasi, pebisnis bisa memantau tren di media sosial. Ia sendiri mengaku selalu mencari inspirasi sebelum tidur dengan menonton video di TikTok.

“Minimal sebelum tidur luangin waktu 30 menit scrolling TikTok. Pasti ada sumber inspirasi, minimal dilihat, dibahas dan suatu waktu diterapkan,” kata dia.

Selanjutnya, pebisnis harus selalu buat produk yang mengikuti tren. Minimal, kata dia, tambah makanan atau minuman yang sedang tren ke dalam menu.

Terakhir, Bisma menyarankan agar organisasi yang dibangun seramping mungkin, di mana manajemen SDM inti seminimal mungkin. Sementara, perihal manajemen sosial media, marketing, event project, hingga kebutuhan fasilitas gudang bisa mengandalkan vendor-vendor atau merekrut freelancer. Fungsinya tentu untuk mengefisiensi pengeluaran.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :