Citra Pariwara Janjikan Hal Ini Untuk Pemenang Young Film Director Award

Addiction.id-Jakarta Kategori lomba Young Film Director (YFD) kembali hadir di Citra Pariwara, setelah sempat ditiadakan pada tahun lalu. Kembalinya kategori ini diharapkan bisa memicu semangat para talenta muda. Apalagi Citra Pariwara tahun ini menjanjikan penghargaan yang bergengsi bagi para pemenang.

“Tahun ini, kami kembali mengadakan YFD sebagai penyemangat untuk calon director muda agar bisa tetap berkarya dan mendapat pengalaman dalam berkompetisi,” tutur Reza Maulana, salah satu panitia Citra Pariwara tahun ini, pada Senin (4/10).

“Hadirnya kategori ini juga diharapkan bisa melahirkan sutradara dan produser muda yang bisa memperkaya bidang audio-visual di Indonesia—yang berhubungan erat dengan perkembangan periklanan di Indonesia,” lanjutnya.  

Panitia lainnya, Ismet Fahmi, menambahkan bahwa para peserta bisa mendapat pengalaman produksi yang bisa menjadi bekal ketika menjadi sutradara iklan kelak.

“Kami rasa, ini adalah ajang yang paling baik untuk membangun portfolio sebagai seorang sutradara iklan. Tentu saja, ini juga menjadi ajang membuka network dan komunikasi, baik dengan agency, rumah produksi, maupun klien. Jadi, kalau berminat menjadi sutradara iklan, ini adalah jalan yang paling seru untuk masuk ke Industri,” tandas dia, Selasa (5/10).

Untuk diketahui, YFD tahun ini terdiri dari dua tahap. Di tahap pertama, peserta membuat cerita, director’s treatment, dan storyboard—yang akan dinilai kesesuaian dengan brief. Setelah itu akan ada penjurian, untuk kemudian dipilih maksimal lima finalis.

Kelima finalis ini akan diberi kesempatan untuk memproduksi idenya bersama production house. Hasil dari produksi tersebut akan dinilai kembali di penjurian tahap dua, untuk mencari pemenang Gold, Silver, dan Bronze.

Menurut keterangan Reza dan Ismet, GoPay menjadi sponsor dalam brief dan ThinkTank akan menjadi production house yang akan memproduksi seluruh materi finalis dari YFD ini.

“Untuk semua proses produksi itu, sponsor kami GoPay menyediakan dana produksi maksimal Rp100 juta untuk masing-masing finalis. Juga, pendampingan dan kru produksi dari ThinkTank,” pungkas Ismet. “Bayangkan, setiap finalis akan ditanggung biaya produksinya. Tentu ini akan sangat membantu mereka melakukan eksekusi film iklannya.”

Reza juga mengatakan bahwa pemenang medal Gold punya kesempatan bekerja di ThinkTank Indonesia selama setahun. Pun jika iklan buatan para finalis dipilih oleh sponsor, ini berkesempatan menjadi materi komunikasi resmi GoPay.

“Jadi kapan lagi kita bisa membuat iklan untuk GoPay dan bisa bekerja sama dengan orang-orang produksi dari ThinkTank? Ini sebuah kesempatan dan pengalaman yang sangat baik,” pungkasnya.

Panduan tentang syarat dan prosedur peserta Young Film Director bisa dilihat di sini

Sebagai informasi, Citra Pariwara 2021 atau ke-34 ini mengangkat tema “Embrace (in)Sanity”. Pendaftaran entri sudah dibuka sejak 13 September, dan akan ditutup pada 22 Oktober mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Sekretariat P3I DKI Jaya ke nomor 0812-8970-0068 atau email secretariat@p3ijakarta.id. Bisa juga kunjungi citrapariwara.org.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :