Periklanan Telah Berubah, Seharusnya Anda Juga

Oleh: Corbett Drummey, Co-Founder dan CEO Popular Pays

Addiction.id Lanskap periklanan berubah dengan cepat dari waktu ke waktu sejak perubahan arus tradisional, seperti media cetak dan televisi. Iklan televisi pertama ditayangkan di Amerika Serikat pada 1941; yang merupakan gambar 10 detik yang goyah. Melaju cepat ke lingkungan media digital dan sosial saat ini, lebih dari 6 miliar orang di dunia punya smartphone, yang terus-menerus mengirimkan konten iklan melalui berbagai kanal hanya dengan telapak tangan. Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak media yang digunakan untuk menjangkau konsumen, seperti TikTok dan Instagram Stories. Dari sini, ekspektasi untuk volume pemasaran konten terus tumbuh setiap tahun.

Saat bekerja di biro iklan papan atas, saya melihat bahwa proses tradisional kami dalam membuat dan membawa iklan ke pasar tak dimaknai dengan baik di lingkungan media sosial modern. Itu pun mahal dan lambat.

Kini cukup mengeksekusi iklan dan memasukkannya ke dalam media yang populer hari ini. Agar berhasil di lingkungan ini membutuhkan proses periklanan yang tangkas. Konsep ini merupakan inti dari strategi bisnis perusahaan kami saat ini. Iklan yang tangkas menjadi pendekatan untuk mengoptimalkan efisiensi dan mencapai tujuan pemasaran di lanskap periklanan modern.

Berikut adalah beberapa kebutuhan untuk iklan yang tangkas.

Uji dan pelajari

Inti dari iklan yang tangkas ialah metodologi pengujian dan pembelajaran. Merek harus membuat konten baru, membagikannya, dan belajar dari kinerjanya untuk memperkuat strategi masa depan mereka.

Corbett Drummey, Co-Founder dan CEO Popular Pays

Bain & Company menemukan bahwa pemimpin pemasaran (mereka yang memimpin dalam pendapatan dan pertumbuhan pangsa pasar) cenderung menggunakan pendekatan yang tangkas. Para pemimpin ini menggunakan “disiplin uji-dan-belajar” untuk menyampaikan pesan yang tepat dalam konteks yang tepat.

Dunia digital memberi kesempatan untuk menjalankan eksperimen dan menilai dampak dari upaya pemasaran Anda dengan wawasan data yang terus meningkat. Instagram, misalnya, baru saja menambahkan engagement insight baru untuk Reels dan Live, untuk membantu merek dan kreator konten menginterpretasikan jangkauan konten mereka.

Untuk menguji sasaran Anda, Anda harus menentukan metrik mana yang akan dinilai. Sementara volume “suka” dan “komentar” mungkin bermanfaat, pemasar perlu menilai data yang paling efektif diterjemahkan ke return of investment (ROI).

Adaptasi dengan pergeseran lanskap periklanan

Pemasar yang tangkas harus selalu mengikuti perubahan platform, algoritme, dan fitur. TikTok, misalnya, dengan cepat popularitasnya, menawarkan peluang kepada pemasar untuk mengembangkan “awareness” secara mudah—dengan rata-rata jangkauan organik 118% untuk merek. Platform ini tak hanya bagus untuk metrik corong teratas; itu terbukti menjadi saluran konversi yang kuat.

Survei Adweek menemukan bahwa 49% pengguna TikTok telah membeli produk atau layanan yang mereka temukan di aplikasi. Pada musim panas 2020, Instagram meluncurkan Reels sebagai pesaing TikTok. Baru-baru ini platform tersebut menambahkan iklan berbayar ke Reels. Dengan semua perubahan dan inovasi dalam format iklan ini, aspek kunci dari strategi pemasaran Anda harus mengadopsi pendekatan “uji dan pelajari” ini untuk mengidentifikasi peluang baru dengan cepat dalam menjangkau konsumen.

Libatkan influencer dan konten kreator

Melibatkan konten kretor lepas ialah cara yang bagus untuk membuat aset konten yang unik dan mengembangkan “awareness” mereka dengan jaringan konsumen yang berbeda.

Tahun lalu menggambarkan mengapa konten kreator bisa sangat berpengaruh untuk operasi Anda, di saat pandemi memaksa merek untuk menarik diri dari praktik periklanan tradisional. Banyak di antara merek yang melibatkan konten kreator untuk memenuhi permintaan konten yang tinggi di semua format iklan. Metode ini memungkinkan merek memanfaatkan bakat konten kreator di luar cara beriklan tradisional, ini mengingat influencer dan konten kreator fleksibel dan mudah beradaptasi. Mereka juga memberik sudut pandang yang beragam dan lebih luas mewakili konsumen Anda. Merekka juga memberi kesempatan untuk membangun “awarenes” merek dan mempromosikan kepercayaan dan orisinalitas.

Menurut laporan Advertiser Perceptions, 41% pengiklan yang disurvei percaya bahwa pandemi mendorong pentingnya pemasaran dengan melibatkan influencer, banyak di antara mereka yang telah meningkatkan anggaran mereka untuk mengakomodasinya.

Identifikasi platform atau karakteristik apa yang optimal untuk berkomunikasi dengan audiens target Anda, lalu uji dan pelajari untuk menemukan yang paling cocok.

Optimalkan efisiensi

Tujuan utama dari ketangkasan ialah untuk mengoptimalkan metode dan pembuatan konten Anda untuk memberi tim Anda keunggulan kompetitif dalam hal menghasilkan iklan fenomenal, lagi dan lagi dan lagi. Produk sampingan dari proses outsourcing bisa memperkuat organisasi Anda, baik yang melibatkan analisis insight konsumen atau produksi konten. Bain & Company menemukan bahwa pemimpin pemasaran 1,6 kali lebih mungkin, daripada yang lain, untuk melibatkan vendor ke dalam proses pembuatan konten mereka.

Banyak organisasi, termasuk kami, melihat perlunya kolaborasi dan ketangkasan dalam menanggapi dampak pandemi. Pembatasan sosial meningkatkan nilai keterlibatan digital, termasuk praktik produksi dan penyampaian promosi. Pada Desember 2020, kami bekerja sama dengan merek terkenal untuk membuat iklan TV, dan melibatkan konten kreator yang kemduian difilmkan sepenuhnya dari jarak jauh. Merek dengan cepat menerima 118 aset video dari konten kreator, mengurangi waktu produksinya sebesar 50%, dan memotong 30% dari biaya produksi tradisionalnya. Keberhasilan konten unik ini dihasilkan dari pengujian pendekatan yang tangkas.

Periklanan telah berubah, dan agar tetap relevan, merek juga harus beradaptasi. Tahun lalu hanya memperjelas alasan mengapa mengadopsi pendekatan yang tangkas untuk periklanan akan memperkuat strategi Anda, dan mengarah pada hubungan yang lebih berdampak dengan konsumen. Iklan tangkas membicarakan penggunaan alat yang memungkinkan proses pembuatan konten kolaboratif dan membuka wawasan yang akan mengarahkan tim Anda untuk terus menciptakan sesuatu yang layak dibagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :