TikTok Berhasil Gaet 1 Miliar Pengguna

TikTok Berhasil Gaet 1 Miliar Pengguna

Addiction.id-Jakarta Pengguna aktif bulanan TikTok tembus 1 miliar . Ini merupakan capaian besar bagi platform yang baru diluncurkan pada Agustus 2018, menurut The Verge.

Popularitas TikTok sendiri melonjak selama pandemi COVID-19. Perusahaan analisis aplikasi Sensor Tower melaporkan bahwa TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada kuartal pertama di 2020, di mana ada sekitar 315 juta unduhan di kuartal tersebut.

Pendapatan induk TikTok, ByteDance, pada 2020 naik lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya, menjadi $34,3 miliar. Sejak diluncurkan hingga kini, SensorTower mengatakan pemasangan atau install-an TikTok mencapai 3,2 miliar—termasuk dari Douyin, TikTok versi Cina. Adapun rata-rata pengguna bulanan TikTok pada Agustus naik 25% dari Agustus 2020. Pada Juni ini, ByteDance bernilai $425 miliar.

Kendati muncul banyak pesaing—seperti Instagram Reels, Snapchat Spotlight, hingga YouTube Shorts, TikTok terus saja berkemban. Bahkan, dilaporkan bahwa pengguna TikTok menghabiskan lebih banyak waktu menonton konten di platform daripada pengguna YouTube.

Pada Senin (27/8) lalu, Chief Operating Officer TikTok Vanessa Pappas berterima kasih kepada pengguna karena menjadikan TikTok tempat yang begitu istimewa.

ByteDance dilaporkan menunda rencananya untuk melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO)—entah sampai kapan, mengingat regulator Cina kerap menindak keras perusahaan teknologi dalam beberapa bulan terakhir ini. Diketahui, saat ini Cina sedang meneliti perusahaan teknologi mana yang melakukan praktik antipersaingan, dan mendalami bagaimana perusahaan menangani data sensitif pelanggan.  (LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :