Sistem Tak Transparan, Merek Terkenal Jadi Beriklan di Situs Berisi Misinformasi

Sistem Tak Transparan, Merek Terkenal Jadi Beriklan di Situs Berisi Misinformasi

Addiction.id-Jakarta Sejumlah merek ternama di dunia didapati beriklan di situs yang menyajikan misinformasi terkait COVID-19. Merek yang dimaksud di antaranya yaitu Amazon, Walgreens, eBay, Discover, dan Honda.

Menurut laporan dari beckershospitalreview, iklan Amazon muncul di lebih dari 30 situs yang berisi misinformasi. Iklan mereka menggunakan lapak lebih dari 1% dari total iklan yang ada di situs tersebut.  Hasil analisis dari organisasi nonprofit lain—yang dilakukan selama tiga bulan, juga menemukan iklan itu  tayang di hampir 60 situs yang menyajikan misinformasi terkait COVID-19—mulai dari asal-usul pandemi, vaksinasi, hingga bagaimana pemerintah mengatasi pandemi.

Hal itu biasanya terjadi karena desain dari sistem periklanan digital tidak transparan,  di mana Google dan perusahaan teknologi lainnya melacak riwayat pencarian dari pengguna. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Augustine Fou, seorang peneliti penipuan iklan sekaligus mantan kepala petugas digital dari grup konsultan kesehatan biro iklan Omnicom.

Fou mengatakan bahwa karena sistem kurang transparan, merek sering kali tak menyadari iklan mereka muncul di situs yang berisikan misinformasi.

“Sekarang mereka (situs) memiliki sumber pendapatan, mereka tidak hanya dapat bertahan hidup tetapi juga berkembang biak,” ucap Fou. “Dan itulah mengapa kami melihat ini sebagai masalah yang besar.”

Laporan tersebut juga menemukan iklan Departemen Veteran Amerika Serikat (VA) di dua situs misinformasi COVID-19. VA mengatakan, pihaknya mencoba mencegah iklan-iklan tersebut muncul di situs yang berbahaya. Namun, pergerakan situs dan informasi di dunia daring yang begitu cepat menyulitkan pihak VA untuk menjamin bahwa iklan tak muncul di situs tersebut.

Untuk menyelesaikan masalah itu, Fou menekankan bahwa setiap perusahaan yang membeli iklan harus melakukan riset terlebih dahulu, ketimbang langsung mempercayakan sepenuhnya pada laman penayang iklan.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :