Belanja Iklan Video Game Naik 17% di 2021

Belanja Iklan Video Game Naik 17% di 2021

Addiction.id-Jakarta Belanja iklan video game meningkat 17% dari tahun-ke-tahun. Sementara belanja iklan konsol, streaming, dan distribusi iklan melonjak 36%.

Dilansir dari The Drum (24/9), perkembangan industri video game ini didorong oleh tingginya permintaan terhadap banyak game, yang dinantikan. Game yang dimaksud misalnya The Elder Scrolls, Hero Wars, Rockstar Games, Harry Potter: Puzzles & Spells dan Final Fantasy XIV Online. Dari semua game tersebut, total belanja iklan mencapai $78 juta.

Hal itu mendorong belanja iklan video game menjadi $421,2 juta di tahun ini sejauh ini. Angka ini naik 17% dari periode Januari hingga Agustus di periode 2020, ketika total pengeluaran mencapai $360 juta.

Sejauh menyangkut konsol dan platform streaming yang gambarnya lebih cerah—seperti Steam, Twitch, Xbox, dan Nintendo Switch, mereka cenderung meningkatkan pengeluaran untuk iklan mereka.

Secara kumulatif, industri game ini menghabiskan 36% lebih banyak untuk iklan pada tahun ini, jika dibandingkan tahun sebelumnya. Secara rinci, di 2021 meningkat $45 juta, sementara di 2020 meningkat $33 juta.

Peningkatan belanja iklan di industi game itu dilaporkan oleh MediaRadar, platform periklanan dan marketing. Mereka telah menganalisis kinerja periklanan industri video game sepanjang tahun.

“Selain meningkatkan pengeluaran, mereka juga telah mendiversifikasi tempat mereka membeli iklan. Meskipun pengeluaran TV menyumbang sebagian besar, yakni 51%, dari pengeluaran iklan di 2020, iklan TV untuk konsol video game, streaming, dan distributor telah turun menjadi 42% di 2021,” demikian ungkap kepala eksekutif dan salah satu pendiri di MediaRadar, sekaligus peneliti, Todd Krizelman

Bertepatan dengan puncak periode penjualan sebelum Natal, berita naiknya belanja iklan video game diiringi oleh hype seputar PlayStation 5.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :