Perubahan Konsumen di Masa Pandemi Cenderung Permanen

Perubahan Konsumen di Masa Pandemi Cenderung Permanen

Addiction.id-Jakarta Pandemi COVID-19 ini bisa mengubah kebiasaan konsumen dan perubahaan ini cenderung permanen serta kuat. Hal ini disampaikan oleh Janoe Arijanto, Ketua Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I).

Menurut Janoe, pandemi mengubah standard, nilai, dan interaksi konsumen terhadap merek. Kini konsumen semakin selektif memilih merek. Mereka juga semakin rasional dalam membeli barang, dengan memprioritaskan fungsinya. Selain itu, preferensi konsumen dalam memilih barang cenderung memilih produk lokal.

Ia juga menambahkan bahwa konsumen saat ini juga semakin melek pada aspek kesehatan.

Melihat perubahan itu, Janoe berpesan agar perusahaan harus beradaptasi agar produknya tetap konsumen.

“Perusahaan harus melakukan penyesuaian terhadap banyak hal. Perubahan tersebut juga membuat kami harus lebih jeli lagi,” pungkasnya, dikutip Selasa (21/9).

Lebih lanjut, Janoe mengatakan bahwa perusahaan—selaku pemilik brand—perlu melakukan riset dan menghadirkan produk baru dengan fisik yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini sebagai respons dari perubahan preferensi konsumen, sekaligus menghadirkan konteks yang lebih baru.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :