Jangan Menyerah, Kunci Bangkitkan Usaha Setelah Bangkrut

Jangan Menyerah, Kunci Bangkitkan Usaha Setelah Bangkrut

Addiction.id-Jakarta Tak ada pengusaha yang ingin usahanya bangkrut. Pemilik toko Greenland Toys Andy Kurniawan Jayasaputra sempat berkali-kali mengalami hal ini dalam menjalankan usahanya. Meski begitu, pengusaha mainan anak-anak ini selalu bangkit.

Andy yakin jika punya keinginan kuat dan berusaha dengan gigi, serta pasr masih ada, usahanya bisa diselamatkan.

Pada awal membuka usaha, ia sadar bahwa dirinya bukan orang yang punya latar belakang bisnis. Apalagi, kata dia, ia tak memikirkan untuk jangka panjang. Adapun hal-hal yang berkaitan dengan bisnis ia pelajari sendiri.

“Jadi pendapatan dan pengaturan keuangan waktu itu masih amburadul, besar pasak daripada tiang. Lama-lama kena juga nih operasional toko untuk pegawai dan lain-lain nggak bisa cover, akhirnya tutup,” tutur dia, dikutip Rabu (15/9).

Saat bangkrut, ia melakukan evaluasi: apa yang harus dan tak boleh dilakukan. Lalu dia kembali untuk bangkit. “Paling penting itu jangan menyerah. Waktu saya mulai, itu salah pengertian, itu jadi pelajaran saya dan mulai lagi dari nol,” jelas dia.

Andy percaya bahwa ada jalan untuk kembali bangkit setelah gagal. “Setelah bangkrut saya punya 2 atau 3 item untuk kembali dijual, tapi saya tetap fokus jualan dan ya masih ada jalan,” sambungnya.

Di masa pandemi COVID-19 ini, ia merasa usahanya juga tertekan. Ia bahkan terpaksa menutup toko-tokonya dan beralih ke online. Menurutnya, beralih ke pasar online merupakan jalan yang lebih efisien, karena tak ada biaya operasional toko seperti penjualan offline.

Ia menambahkan, saat beralih ke online, penjual harus punya ciri khas agar para pembeli bisa nyaman dan menyukai usaha tersebut.

Lebih lanjut, ia menyarankan untuk rajin bergabung dengan komunitas kalau usaha sudah fokus, namun tak sesuai harapan. Dengan begitu, pengusaha bisa mencari celah pasar yang menarik hingga cari informasi spesifik tentang produk-produk terbaru.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :