Korea Selatan Ciptakan Manusia Virtual Untuk Jadi Influencer

Korea Selatan Ciptakan Manusia Virtual Untuk Jadi Influencer

Addiction.id-Jakarta Beberapa waktu lalu, perusahaan Korea Selatan Sidus Studio X memperkenalkan manusia virtual terbarunya bernama Rozy, yang desain untuk menjadi influencer virtual media sosial.

Manusia virtual itu didesain sebagai perempuan berusia 22 tahun, dan pastinya tak akan menua. Sejak Desember lalu, Rozy aktif secara online. Kemunculannya mengundang banyak perhatian publik, terutama setelah ia tampil iklan Shinhan Life pada Juli lalu.

Allkpop melaporkan bahwa influencer AI dan manusia virtual memang jadi tren baru saat ini. Terlebih lagi, teknologi ini pas dengan momentum pandemi COVID-19, di mana pembatasan sosial diberlakukan—yang juga berujung pada pembatasan syuting, biaya beriklan suatu perusahaan, dan sebagainya.

Selain itu, dalam menggarap suatu pekerjaan, penggunaan blue chip pada manusia virtual itu memungkinkan tak adanya skandal privasi dan tak ada batasan ruang waktu. Adapun dalam industri periklanan, CEO Sidus Studio X Baek Seung Yeop menilai bahwa blue chip mulai naik daun baru-baru ini.

“Belakangan ini, selebriti terkadang ditarik dari kontrak karena skandal kekerasan di sekolah atau kontroversi bullying. Namun, manusia virtual tak punya skandal yang perlu dikhawatirkan,” jelas Baek.

Selain itu, lokasi dan pemandangan juga bisa dibuat melalui grafik komputer. Kemudian, tentu saja, masa aktif manusia virtual itu bisa sangat lama bahkan abadi karena mereka tak sakit atau menua.

Lebih lanjut, Baek membeberkan bahwa Rozy sudah melakukan kontrak iklan dengan perusahaan dan sejumlah besar sponsor. “Kami telah mengiklankan dua kali dalam seminggu ini, dan sekarang kami memiliki delapan kontrak eksklusif. Dia (Rozy) telah mendapat lebih dari 100 sponsor sekarang, tetapi kami belum bisa memprosesnya,” lanjurnya.

“Kami telah mencapai laba tujuan kami sekarang, dan saya pikir, ke depannya, Rozy bisa menghasilkan lebih dari 1 miliar KRW (sekitar Rp12 miliar) pada akhir tahun ini,” ujar Baek.

Perihal visual, Baek menjelaskan bahwa pihaknya tak menggunakan model untuk mendesain penampilan Rozy. “Kami juga tak menganggap kecantikan barat sebagai standar kecantikan,” imbuhnya.

Untuk ke depannya, Baek menjelaskan bahwa pihaknya berencana untuk memperluas ruang lingkup kegiatan Rozy, misalnya dengan beralih ke film, drama, dan acara hiburan.

Sebagai informasi, Rozy punya akun Instagram @rozy.gram dan kini memiliki lebih dari 66 ribu pengikut.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :