Program Verifikasi Twitter Dibuka Lagi

Program Verifikasi Twitter Dibuka Lagi

Addiction.id-Jakarta Twitter membuka kembali program verifikasi untuk akun yang meminta centang biru. Sebelumnya, pada Agustus lalu, perusahaan sempat menunda program ini dengan alasan akan memperbarui alur dan proses verifikasi. Keputusan ini diduga berkaitan erat dengan ketidaksengajaan platform memverifikasi akun palsu pada Juli sebelumnya.

Jauh sebelum itu, Twitter membuka kembali program verifikasi pada Mei lalu, setelah membekukannya sejak 2017. Dilansir dari The Verge (14/9), adapun kriteria verifikasi akun ini ialah  akun harus “asli, terkenal, dan aktif.” Namun, persepsi publik tentang verifikasi selalu bias sehingga menimbulkan kontroversi.

Sebagai gambaran, ada banyak kasus tokoh yang benar-benar terkenal dan berpengaruh tapi tidak diverifikasi, sementara yang lain bisa diverifikasi dan mendapat centang biru tanpa pertanyaan.

Sebagian besar pengguna melihat verifikasi sebagai prestise. Centang biru ini pada akun menunjukkan, entah bagaimana, lebih baik daripada akun yang tidak bercentang biru. Tak heran bila banyak yang ingin diverifikasi hanya agar dipandang lebih baik. Jadi, bisa dibilang ini centang biru sebaga tanda keandalan, bukan sekadar ketenaran.

Tampaknya pihak Twitter belum berkoordinasi dengan baik. Misalnya saja, kemdati Twitter mengatakan pengguna bisa mengajukan verifikasi lagi, halaman FAQ-nya masih menuliskan “Tidak ada cara untuk mengajukan verifikasi hari ini”—yang tampaknya belum diperbarui sejak awal tahun.

Terlepas dari hal itu, jelas bahwa Twitter memang akan menyelesaikan masalah program verifikasinya secara nyata.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :