UMKM Harus Kolaborasi Supaya Tembus Pasar Global

UMKM Harus Kolaborasi Supaya Tembus Pasar Global

Addiction.id-Jakarta Para pelaku UMKM perlu beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi guna mendukung pemulihan ekonomi nasional serta pengembangan sektor ekonomi kreatif (ekraf). Demikian tutur Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Sabtu (11/9), di acara sosialisasi program Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif Nara Park Bandung, Jawa Barat.

Sandiaga yakin dengan menerapkan tiga langkah tadi, bisnis fesyen di Bandung bisa bertahan, bahkan berekspansi ke luar negeri. “Kita harapkan masyarakat dapat semakin semangat, karena kekayaan potensi Bandung ini luar biasa, khususnya di sektor ekonomi kreatif,” ujarnya.

Adapun dengan kolaborasi, kebangkitan ekonomi yang didorong sektor ekraf bisa segera diwujudkan. Selain itu, kolaborasi diyakini bisa membuka jalan menuju pasar dunia.

Menurut Sandiaga, 16 merek fesyen muslim yang saat ini merambah pasar Amerika Utara menjadi bukti bahwa kualitas produk fesyen Bandung tak kalah dari produk luar negeri.

Ia juga mendorong  para UMKM untuk menggunakan pola kolaborasi, kerja sama, dan gotong royong selama mengincar pasar Amerika Utara, juga Eropa.

“Kita yakin bahwa modest muslim fashion ini yang sekarang mendapatkan satu pertumbuhan yang fenomenal, terutama pasar Eropa yang selama ini di-support dari Dubai. Saya melihat justru pusat kreatif ini adanya di Bandung, jadi Bandung harus bisa lebih mengalahkan Dubai,” katanya.

Lebih lanjut, Sandiaga turut menekankan pentingnya pelatihan dan pendampingan guna memajukan bisnis fesyen Bandung. Ia menambahkan bahwa pihaknya punya sejumlah program yang bisa langsung diterapkan guna membuka lapangan kerja baru.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :