Agar Skill Digital UMKM Makin Kaya, Kominfo Gelar Pelatihan

Agar Skill Digital UMKM Makin Kaya, Kominfo Gelar Pelatihan

Addiction.id-Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan Pekan Pelaku UMKM (PPKM) pada 3 hingga 10 September 2021. Adapun tujuan dari PPKM ini ialah untuk memperkaya pelaku UMKM dengan berbagai skill digital.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperlengkapi pelaku UMKM dengan berbagai kecakapan digital yang diperlukan untuk mengembangkan usaha di pasar digital, membantu mengembalikan fungsi UMKM Indonesia, meningkatkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya teknologi dan media sosial bagi kegiatan bisnis, serta mengajak pelaku UMKM untuk menjadi pelopor #MakinCakapDigital,” jelas Kominfo, melalui keterangan resmi, dikutip Kamis (2/9).  

Sebagaimana telah diketahui, pembatasan sosial yang dilakukan selama pandemi COVID-19 ini membikin pemasukan pengusaha menurun. Karenanya, transformasi ke pasar digital dinilai perlu bagi UMKM.

Adapun dengan transformasi itu, UMKM bisa tetap promosi dan menjual produk atau jasanya secara lebih luas dan lebih murah, sekaligus tetap mendapat cuan. Selain itu, mereka juga bisa memanfaatkan sistem pembayaran, jual beli, dan pengiriman yang aman dan cepat. Untuk itulah, Kominfo menghadirkan PPKM.

Kominfo menjelaskan bahwa PPKM yang berbentuk pelatihan itu akan digelar secara daring. Di acara ini akan menghadirkan sejumlah sumber, termasuk dari kalangan UMKM yang kompeten.

“Ada delapan pelatihan dengan tema yang berbeda-beda mulai dari strategi digital marketing, strategi menetapkan harga, cara menetapkan untung, strategi mengelola media sosial usaha, hingga cara melakukan product branding,” lanjut Kominfo.

Sekadar informasi, sejauh ini baru 16% UMKM yang melakukan digitalisasi, atau sekitar 11 juta dari 60 juta UMKM. Oleh karenanya, seluruh pihak perlu bekerja sama untuk mendorong UMKM dalam pemulihan perekonomian nasional.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kegiatan itu, silahkan kunjung  akun media sosial @siberkreasi atau website event.literasidigital.id.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :