Pebisnis Ini Punya Omzet Puluhan Juta Berkat Jual Mentega Bawang

Addiction.id-Jakarta Nyaris setiap masakan membutuhkan bawang sebagai penyedap. Tak heran bila bahan ini mudah ditemukan di dapur rumah.

Andrew, Owner Wok&Pan Japanese Garlic Butter, melihat hal itu sebagai ladang bisnis yang bisa mendatangkan omzet. Ia menyulap bawang menjadi mentega bernama mentega bawang atau garlic butter. Produknya bisa menjadi penyedap makanan, sekaligus bisa diaplikasikan untuk makanan yang dipanggang maupun ditumis

“Biasa untuk menumis-menumis makanan, untuk seafood, steak, ayam, bisa untuk salad juga,” terang Andres, dikutip pada Rabu (1/9).  

Ia mengatakan bahwa produknya tahan lama, dengan masa kadaluarsa 1 tahun. Ia menambahkan, ini karena garlic butter-nya tak mengandung dedaunan seperti yang ada pada garlic butter merek lain. “Yang kedua, garlic butter saya ini memang saya dapat resepnya dari Japanese Steakhouse di Amerika. Saya sempat kerja di Amerika tahun 2018,” sambung dia.

Untuk diketahui, Andrew merintis bisnisnya sejak Februari 2020 dengan modal Rp15 juta untuk membeli bahan-bahan. Mulanya, ia mulai produksi kecil-kecilan. Kemudian produknya dimasukkan ke sejumlah supermarket di Surabaya.

Sejauh ini, produknya hanya ada satu varian. Harganya jualnya berbeda-beda di setiap supermarket karena masing-masing mengambil keuntungan berbeda. “Ada supermarket yang jualnya Rp 84.900, ada yang jual Rp 82.000, terus ada yang jual Rp 80.000. Tergantung supermarketnya kasih harga beda-beda, mereka ngambil margin keuntungannya kan beda-beda juga,” ujar Andrew.

Konsumen di luar Surabaya bisa membelinya lewat toko online, yakni Tokopedia dengan nama Wok&Pan, dan Shopee dengan nama Wokpan.

Saat ini, dengan memperkerjakan tiga orang, ia bisa memproduksi 200 botol dalam sebulan. Dari bisnis yang terbilang baru ini, Andrew bisa mengantongi omzet hingga Rp20 juta per bulannya.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :