Warung Pintar Luncurkan Bon Pintar Untuk Bantu UMKM

Warung Pintar Luncurkan Bon Pintar Untuk Bantu UMKM

Addiction.id-Jakarta Warung Pintar Group menggandeng perusahaan fintech Cicil untuk menghadirkan Bon Pintar. Untuk diketahui, Bon Pintar menjadi solusi finansial yang bisa memberi akses permodalan bagi pemilik warung yang bergabung di Warung Pintar.

Sebelumnya, data Badan Pusat Statistik terkait Dampak COVID-19 terhadap Pelaku Usaha pada 2020 menunjukkan bahwa sebanyak 69.02% pelaku usaha mikro membutuhkan bantuan modal usaha. Adapun pemerintah saat ini berupaya meningkatkan daya saing UMKM melalui berbagai program, misalnya Kredit Usaha Rakyat, Lembaga Pengelola Dana Bergulir, dan Bantuan Pelaku Usaha.

Sejalan dengan perhatian pemerintah itu, Warung Pintar menggandeng Cicil untuk menghadirkan Bon Pintar. Ini merupakan pilihan metode pembayaran baru di mana pemilik warung bisa membeli barang sekarang, namun pembayaran bisa dilakukan pada saat jatuh tempo—mirip seperti pay later di e-commerce.  

Dengan memanfaatkan data riwayat transaksi dan penggunaan aplikasi, Warung Pintar memfasilitasi para penggunanya untuk mendapat akses finansial lewat Cicil. Ini memungkinkan pengguna Warung Pintar bisa menambah stok tanpa harus mencari modal tambahan dari luar aplikasi.

CEO Warung Pintar Agung Bezharie mengatakan bahwa setiap pemilik warung mendapat permodalan yang berbeda, bergantung data riwayat belanja dan kegiatan yang dilakukan dalam Aplikasi Warung Pintar. Jika pemilik warung mengizinkan, data ini digunakan sebagai credit scoring yang dibangun bersama dengan Cicil. Dengan ini, Warung Pintar bisa meminimalisasi resiko keterlambatan pembayaran dan Bon Pintar membantu warung untuk bertumbuh.

“Penggunaan credit scoring berbasis teknologi dengan menggunakan analisa rekam jejak transaksi yang diiringi dengan dukungan ekosistem supply chain Warung Pintar yang terintegrasi, bisa menjadi kunci bagi kami dalam menyediakan layanan pembiayaan inklusif dengan manajemen risiko yang lebih terjaga,” ujar Direktur Cicil Edward Widjonarko, dikutip pada Minggu (29/8).

Bon Pintar sendiri bisa diakses dengan mudah, sebab sudah terintegrasi di Aplikasi Warung Pintar. Perihal mekanismenya, pemilik warung bisa langsung melakukan pengajuan. Setelah lolos verifikasi, mereka bisa langsung memenuhi kebutuhan stok dan membayar 14 hari kemudian dengan layanan Bon Pintar.

“Warung Pintar sebagai platform berusaha melihat kebutuhan dari sudut pandang pengusaha warung, yang di masa penuh tantangan seperti sekarang mendapatkan tambahan modal untuk meningkatkan stok atau melebarkan pilihan stok merupakan pain-point yang dihadapi hampir seluruh mitra Warung Pintar,” tutur Agung.

Ia melanjutkan bahwa Cicil punya visi yang sama yakni menghadirkan produk pinjaman bagi UMKM. Hal ini, kata dia, yang menjadi dasar mengapa pihaknya menggandeng Cicil untuk berkolaborasi dalam Bon Pintar.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :