Mau Ada Mega Sales, TikTok Bisa Jadi Andalan Untuk Pemasaran

Mau Ada Mega Sales, TikTok Bisa Jadi Andalan Untuk Pemasaran

Addiction.id-Jakarta TikTok menjadi platform yang paling digandrungi di seluruh dunia. Ini dibuktikan oleh laporan Nikkei pada awal Agustus lalu, yang menyebutkan bahwa platform video tersebut paling banyak diunduh di dunia—mengalahkan Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Sebagaimana telah diketahui, platform anak usah ByteDance itu mewadahi berbagai konten, mulai dari joget ria, tips dan trik, hingga kisah inspiratif. Bahkan, mengingat penggunanya yang melimpah, tak sedikit yang mengandalkan TikTok sebagai media pemasaran. Beriringan dengan poin terakhir ini, banyak juga yang memanfaatkannya untuk belanja.

Adapun melalui TikTok, pengguna bisa melihat ulasan atau produk dari brand tertentu. Misalnya, dengan menelusuri tagar #RacuninTikTok dan #GaraGaraTiktok. Hal ini tentu membantu pengguna yang sedang mempertimbangkan produk apa yang akan dibelli nanti. Terlebih lagi, mendekati momen Mega Sales e-commerce (seperti 9.9).

Sebagai insight bagi para pengusaha, berdasarkan hasil survei TikTok, pengguna TikTok di Indonesia punya kecenderungan lebih tinggi dalam berbelanja selama Mega Sales, dibandingkan platform lain. Ada beraga, produk yang diminati mereka dan kategori yang terpopuler ialah produk kecantikan dan perawatan pribadi (74%). Kemudian disusul oleh fesyen dan aksesoris (66%), serta alat kesehatan dan kebugaran (45%).

Selain itu, didapati bahwa 78% responden membeli produk dari brand yang berbeda dari yang biasanya mereka beli. Ditemukan pula bahwa 1 dari 2 pengguna berbelanja untuk menghibur diri. Jadi, tak ayal  konsep shoppertainment (kegiatan berbelanja sambil mencari hiburan) berpotensi yang besar sebagai strategi pemasaran selama Mega Sales.

TikTok Tawarkan Solusi Periklanan

TikTok menghadirkan solusi periklanan TikTok For Business yang memungkinkan brand memasarkan produknya secara kreatif. Solusi ini dilengkapi dengan creative tools yang memudahkan brand membuat iklan yang menarik.

Selain itu, ada berbagai kanal iklan yang beragam, yang bisa membantu brand mencapai target bisnisnya. Ada berbagai kanal yang bisa dipilih, mulai dari iklan top view, brand takeover, branded hashtag challenge, hingga branded effect.

Oleh karena pengaturan iklannya yang mudah, pengusaha bisa beriklan kapan pun. Brand berskala kecil juga tak perlu khawatir karena TikTok for Business punya budget yang fleksibel.

Bukan cuma itu, ada pula fitur TikTok Live yang memungkinkan pengusaha berjualan online. Mereka bisa berinteraksi langsung dengan konsumen melalui tayangan live stream, menjelaksan kegunaan produk, hingga mengakomodasi audiens yang ingin beli.  

“TikTok memberi ruang bagi brand untuk menjangkau konsumen dengan cara yang kreatif, refreshing, dan otentik. Di momen Mega Sales mendatang, strategi shoppertainment merupakan solusi yang pas untuk membangun koneksi dengan audiens dan mengubah mereka dari happy users menjadi happy buyers,” ungkap Sitaresti Astarini selaku Head of Business Marketing, TikTok Indonesia, beberapa waktu lalu.

Brand bisa menyampaikan promosi produk dan informasi diskon melalui storytelling yang ringan dan informatif, serta memanfaatkan solusi periklanan dan fitur berbelanja yang terintegrasi di dalam aplikasi,” sambung Sitaresti.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :