Tokopedia Beberkan Tips Berinvestasi di Platformnya

Tokopedia Beberkan Tips Berinvestasi di Platformnya

Addiction.id-Jakarta Apa pun kondisinya, seharusnya masyarakat cermat mengelola keuangan. Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 ini, di mana keadaan ekonomi masih krisis dan tiap individu pasti kena dampaknya. Ada yang gajinya dipotong hingga kena PHK.

Hal itu membikin banyak orang sadar bahwa investasi semakin penting, tak peduli seberapa jumlahnya. Adapun saat ini investasi daring kian diminati.

Marissa Dewi, Head of Investment and Insurance Tokopedia, mengungkapkan bahwa jumlah pengguna Tokopedia Reksa Dana meningkat, bahkan lebih dari 68 kali lipat, di tiga tahun terakhir ini. Sementara, transaksi jual-beli emas lewat Tokopedia Emas juga naik hampir 27 kali lipat, di dua tahun terakhir.

“Ini membuat Tokopedia berupaya #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat berinvestasi serta berharap bisa meningkatkan inklusi keuangan dan perekonomian digital di Indonesia,” tutur Marissa melalui keterangan tertulis, Senin (23/8).

“Tokopedia akan konsisten berinovasi dengan harapan dapat terus memberi solusi investasi yang inklusif di Indonesia, sehingga investasi bisa menjadi suatu kebiasaan bagi lebih banyak masyarakat, khususnya generasi milenial,” tandas dia.

Lebih lanjut, mengingat kesadaran berinvestasi di kalangan milenial meningkat, Tokopedia berbagi tips investasi di platformnya.

Marissa memaparkan bahwa mula-mula, pilihlah jenis investasi yang tepat sesuai kebutuhan. Jika untuk investasi jangka pendek, yaitu sekitar 1—2 tahun, bisa memanfaatkan fitur Tokopedia Reksa Dana. Sementara, jika untuk investasi jangka panjang, investasi emas dinilai lebih cocok. Masyarakat bisa menggunakan fitur Tokopedia Emas di platform.

Kemudian pastikan bahwa produk investasi aman, sudah punya izin resmi dan menyajikan portofolio laporan investasi secara transparan.

“Tokopedia bekerja sama dengan berbagai mitra strategis terpercaya yang diawasi oleh OJK dalam menawarkan pilihan investasi daring yang aman, mudah dan terjangkau untuk seluruh masyarakat Indonesia,” terang Marissa.

Ketiga, tentukan tujuan investasi. Apakah dana tersebut akan digunakan untuk pendidikan, liburan, atau lainnya. Di Tokopedia Reksa Dana, pengguna bisa merencanakan investasi sesuai tujuannya dengan mudah melalui fitur Dana Impian.

Selanjutnya, Marissa menjelaskan, berinvestasi tak harus punya dana besar. “Di Tokopedia Reksa Dana, siapa pun bisa mulai berinvestasi dengan sangat mudah mulai Rp10.000. Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan sangat cepat melalui telepon genggam,” terangnya. Selain itu, dengan fitur Pembulatan Emas di Tokopedia, pengguna bisa menabung sejumlah emas dengan membulatkan tagihan saat berbelanja.

Terkahir, buatlah jadwal menabung. “Manfaatkan fitur Langganan di Tokopedia Emas agar investasi bisa rutin dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan, bisa per minggu atau per bulan, dan bisa dengan nominal yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5.000,” kata Marissa.

Sebagai informasi, fitur Langganan di Tokopedia Reksa Dana memungkinkan pengguna mencapai target investasi dengan menentukan nominal dan jadwal investasi sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan fitur ini, dana akan disalurkan ke saldo Reksa Dana secara otomatis. Pengguna pun bisa mengubah pengaturannya kapan saja.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :