Lanjutkan Kemitraan dengan Shopify, TikTok Bantu Pemasaran Penjual

Lanjutkan Kemitraan dengan Shopify, TikTok Bantu Pemasaran Penjual

Addiction.id-Jakarta TikTok mengumumkan bahwa pihaknya sedang menguji coba fitur belanja dalam aplikasi bernama TikTok Shopping, sebagai bagian dari kemitraan lanjutan dengan Shopify, Selasa (24/8).

Fitur tersebut memungkinkan pedagang terpilih di Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Inggris untuk menggunakan tab belanja TikTok dan tautan produk, untuk menjual produk dari etalase Shopify.

Pada dasarnya, tab belanja itu merupakan bagian khusus dari profil TikTok yang menyajikan daftar produk yang bisa di-scroll. Ketika produk diklik, pengguna akan diarahkan ke etalase Shopify pedagang. Adapun tautan produk menawarkan integrasi serupa. Alat ini memungkinkan pedagang menautkan pengguna dari unggahan TikTok ke etalase produk.

Dalam bentuknya saat ini, ini bukan opsi monetisasi bagi konten kreator. Fitur belanja tersebut memerlukan akun TikTok for Business dan etalase Shopify, dua hal yang tak dimiliki semua konten kreator. Ini memang sekadar perluasan kemitraan periklanan TikTok dan Shopify, yang dimulai pada 2020—ketimbang ladang untuk menghasilkan uang di platform.

TikTok Shopping mungkin sudah tak asing lagi karena perusahaan sudah mengujinya dalam bentuk yang lebih terbatas. Pada awal tahun ini,  TikTok merintis tab belanja dengan brand streetwear Hype di Inggris. Tak jelas berapa banyak pedagang yang menjadi bagian dari percontohan Shopify—yang diperluas ini. Namun, yang pasti, TikTok punya satu brand selebriti, Kylie Cosmetics.

Fitur belanja memang masuk akal bagi TikTok, mengingat platform menghasilkan banyak video yang bisa dipersonalisasi dan memang cocok untuk pemasaran. TikTok bahkan sebelumnya sempat mempertimbangkan untuk memperkenalkan sesuatu yang serupa.

Langkah besar pertama TikTok dalam berbelanja segera dimulai: Shopify mengatakan tab belanja dan tautan produk akan diaktifkan untuk pedagang dalam beberapa minggu mendatang, dengan rencana untuk menghadirkan fitur-fitur tersebut ke lebih banyak wilayah di luar AS, Inggris, dan Kanada dalam beberapa bulan mendatang.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :