Pernah Rugi, Kini Shopatblow Bisa Tembus Pasar Global dan Sejahterakan Pekerja

Pernah Rugi, Kini Shopatblow Bisa Tembus Pasar Global dan Sejahterakan Pekerja

Addiction.id-Jakarta Di awal usahanya, Blow Official Shop atau Shopatblow sempat merugi. Namun, sang pendiri usaha sepatu wanita ini, Vincent, mengubah strategi bisnisnya. Dari yang sejak 2016 berbisnis secara offline, ia kini merambah ke platform digital seperti di marketplace Shopee.

Dengan perubahan strategi itu, bisnis Shopatblow terus meningkat hingga bisa menjual 40-60 ribu pasang sepatu wanita per bulannya. Pertumbuhan bisnis jadi meningkat 500 kali lipat.

Vincent merasa mendapat banyak dukungan dari Shopee, khususnya dalam pengelolaan inventori dan gudang. Hal ini dinilai sangat membantu di masa pandemi COVID-19 ini, di mana diterapkan pembatasan sosial, namun dirinya harus memastikan pesanan terpenuhi.

Ia juga bergabung dengan Program Ekspor Shopee dari pertengahan 2020. Berkat ini, ia bisa menjual produknya ke Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand.

Kendati bisnisnya sudah besar, Vincent akan memperluas bisnisnya ke negara lainnya, seperti Erigo, dan punya gudang yang lebih besar.

“Saya berkeinginan Shopatblow bisa tumbuh dan masuk pasar dunia seperti Erigo. Gencarnya Erigo melakukan pemasaran di Shopee, serta kegigihan dalam memperkuat strategi bisnis sudah terbukti. Besar harapan saya, ke depannya Shopatblow bisa ekspansi produk, dan punya gudang yang lebih besar seperti Erigo,” tuturnya, dikutip Minggu (15/8).

Kesuksesan bisnis berdampak positif bagi karyawan

Lebih lanjut, ia merasa kesuksesan bisnisnya juga tak lepas dari kerja samanya dengan karyawan dan para perajin sepatu. Karena mereka, Shopatblow bisa menjual ribuan pasang sepatu di kampanye akhir tahun Shopee di 2019 dan 90 ribu pasang sepatu selama Ramadhan 2021.

Selain itu, Shopatblow juga sudah punya pabrik dan kantor di Bogor, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Tangerang.

Vincent mengatakan bahwa kesuksesan Shopatblow juga berdampak baik bagi para karyawan, pengrajin, hingga dropshipper.

Adapun, baginya, salah satu ukuran keberhasilan bisnisnya yaitu rasa bangga melihat keadaan karyawan yang bekerja dengannya. Sejumlah karyawannya sudah bisa mencicil mobil, rumah, hingga tanah.

Menurutnya, kemerdekaan finansial karyawannya jadi hal penting dalam keberlangsungan bisnis Shopatblow.

“Setiap ada karyawan atau perajin yang cerita ke saya mereka sudah mulai cicil mobil, cicil rumah, dan beli tanah. Itu jadi dorongan bagi saya untuk terus maju dan punya ambisi untuk mengembangkan usaha ini. Kemerdekaan karyawan secara finansial adalah tonggak pencapaian penting di perjalanan panjang kami,” kata Vincent.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :