Ini Marketplace Terpopuler di Kalangan UMKM

Ini Marketplace Terpopuler di Kalangan UMKM

Addiction.id-Jakarta Hasil survei Tempo Data Science (TDS) menunjukkan bahwa Tokopedia menjadi marketplace terpopuler di kalangan UMKM yang melakukan pemasaran online.

Untuk diketahui, survei itu dilakukan guna mengetahui praktik e-commerce di Indonesia periode Mei-Juli 2021. Ai Mulyani, salah satu peneliti TDS, memaparkan bahwa survei tersebut menggunakan metode kuantitatif. Pihaknya menyebarkan kuesioner terstruktur dalam format online.

Secara rinci, survei tersebut menunjukkan dari sisi kualitas top of mind, Tokopedia menjadi pilihan utama (35%). Kemudian disusul oleh Shopee (34%), lalu diikuti Bukalapak (13%), Lazada (7%), Blibli (7%), dan JD.ID (3%).

Selain itu, didapati pula bahwa Tokopedia menjadi penghasil omzet penjualan terbesar bagi para penjual. Tokopedia dipilih 36% pelaku UMKM, diikuti Shopee 32%, Bukalapak 14%, Lazada 8%, Blibli 7%, dan JD.ID 3%.

E-commerce yang memberikan frekuensi transaksi tersering juga ditempati Tokopedia (35%), Shopee (33%), Bukalapak (13%), Lazada (9%), Blibli (7%) dan JD.ID (3%),” sambung Ai Mulyani, dikutip Selasa (17/8).

Beberapa waktu lalu, dalam seminar daring tentang transformasi digital UMKM, Ai Mulyani mengatakan bahwa sebagian besar (82%) UMKM berusaha mengoptimalkan penjualan online di platform e-commerce dan media sosial—menurut hasil survei yang sama. Hal ini, kata dia, dipilih mereka agar bisa bertahan dan berkembang di tengah pandemi COVID-19.

Masih menurut hasil survei tadi, ditemukan bahwa penjual cenderung multiuser atau memanfaatkan lebih dari satu platform di saat bersamaan. “Mereka beralasan penggunaan lebih banyak sarana e-commerce akan memaksimalkan jangkauan kepada lebih banyak target konsumen,” ujar Ai Mulyani.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :