Presiden Sebut Digitalisasi Jadi Kunci UMKM Bersaing Secara Global

Presiden Sebut Digitalisasi Jadi Kunci UMKM Bersaing Secara Global

Addiction.id-Jakarta Presiden Joko Widodo meminta agar program “Bangga Buatan Indonesia” terus digencarkan guna mengembangkan UMKM lokal. Hal ini juga diharapkan mampu meningkatkan daya saing mereka di pasar global.

Guna mewujudkan itu, Jokowi menilai bahwa digitalisasi UMKM menjadi kuncinya. Adapun saat ia memaparkan bahwa jumlah UMKM yang masuk ke e-commerce terus bertambah.

“Sampai Agustus tahun ini, sudah lebih dari 14 juta UMKM atau 22% dari total UMKM yang sudah bergabung dengan aplikasi perdagangan elektronik,” tutur Jokowi melalui Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2021, Senin (16/8).

Ia menambahkan bahwa partisipasi UMKM dalam ekonomi digital ini sangat penting. Pasalnya, hal ini memudahkan UMKM untuk masuk ke pasar global.

“Tahun 2020, nilai transaksi perdagangan digital Indonesia mencapai lebih dari Rp253 triliun. Nilai ini diperkirakan akan meningkatkan menjadi Rp330,7 triliun di 2021,” ungkap dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemerintah harus mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital untuk mendorong produktivitas masyarakat.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :