Dukung Game Lokal, Asosiasi Ini Tetapkan Hari Game Indonesia

Dukung Game Lokal, Asosiasi Ini Tetapkan Hari Game Indonesia

Addiction.id-Jakarta Industri game semakin disorot belakangan ini. Pertumbuhannya kian pesat seiring dengan meningkatnya penetrasi teknologi digital. Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 ini, di mana ada banyak orang menghabiskan waktu di dalam rumah dan bermain gawai seperti laptop dan ponsel.

Adapun di Indonesia, hadir Asosiasi Game Indonesia (AGI) yang sangat mendukung pengembang game lokal. Hal itu mereka wujudkan, salah satunya, dengan mencanangkan Hari Game Indonesia (HARGAI) dan menetapkan 8 Agustus sebagai hari tersebut.

AGI memulai HARGAI pada 2016. Peringatan hari tersebut merupakan metode mempromosikan game di Indonesia. Meski ditandai sebagai hari penting bagi pengembang dan game lokal, faktanya peringatan itu mengarah pada game secara umum.

“Pada masa itu game masih dilihat kurang baik oleh masyarakat, sehingga fokusnya lebih memperkenalkan game secara umum, daripada fokus ke game lokal,” tutur Ketua Umum AGI Cipto Adiguno, dikutip baru-baru ini.

“Seiring semakin populernya game sebagai media konsumsi, terutama di masa pandemi ini, AGI memfokuskan HARGAI untuk mempromosikan khususnya game lokal. Seperti yang dilakukan pada 2021 ini,” lanjutnya.

Sebagai informasi, AGI sendiri sudah banyak menggelar kegiatan, dari menggelar Indonesia Game Developer eXchange (IGDX), edukasi game melalui Skill Tree Online, dan Gamescom 2021.

Mereka juga memberi akses kepada pengembang lokal untuk go global melalui Tokyo Game Show 2021.

Saat ini pun mereka menggelar acara bertajuk Game Prime 2021, yang merupakan kolaborasi dengan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Baparekraf). Acara ini memberi kesempatan kepada pengembang game lokal untuk memamerkan game kepada masyarakat Indonesia, agar bisa lebih dikenal.

Bukan cuma itu, pada 2—8 Agustus ini, mereka juga menyelenggarakan kampanye #BeliGameLokal, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) dan Tokopedia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :