Pemerintah Dorong UMKM Lokal Go Digital Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Pemerintah Dorong UMKM Lokal Go Digital Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Addiction.id-Jakarta Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menuturkan bahwa saat ini sudah ada 14,5 juta unit yang telah on boarding di e-commerce.

“Selanjutnya kita harus terus mendorong 15,5 juta unit UMKM lainnya untuk go digital, hingga 2023 menjadi 30 juta unit on boarding,” tutur dia, di acara daring Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Lokal Keren Jatim pada Sabtu (7/8).

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan 30 juta UMKM masuk pasar digital di 2023 mendatang.

Guna mencapai target itu, Luhut mengajak seluruh campaign manager dan Kepala Daerah untuk mendorong konsumsi produk lokal. Dengan begitu, UMKM bisa tumbuh dan berkembang. “Bagi pelaku UMKM semangat dan teruslah berkarya indoneisa pasti hebat karena Anda sebagai tulang punggung ekonomi,” tandasnya.

Luhut berharap, melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia, muncul para pengusaha semakin tangguh dan bisa tangguh meningkatkan transaksinya di segala kondisi.

“Kami berharap pelaku UMKM bisa go digital, terutama dalam memanfaatkan marketplace. Hal ini terutama ada perubahan belanja masyarakat dari luring ke daring selama masa pandemi ini,” lanjut dia.

Di kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai dan membeli produk lokal. “Dengan membeli produk lokal berarti kita telah berontribusi nyata untuk pemulihan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Kemudian Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menambahkan bahwa Gerakan Bangga Buatan Indonesia ingin mengangkat dan membangkitkan karya industri kreatif, khususnya di Jawa Timur.

“Kegiatan ini diharapkan bisa memberi nilai tambah dan meningkatkan permintaan produk artisan Jawa Timur,” kata dia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :