Selamat Tinggal, Lays, Doritos, dan Cheetos!

Selamat Tinggal, Lays, Doritos, dan Cheetos!

Addiction.id-Jakarta Masyarakat Indonesia harus mengucapkan selamat tinggal pada Lays, Doritos, dan Cheetos. Pasalnya, mulai Agustus ini, ketiga brand ini tak lagi diproduksi dan didistribusikan ke Indonesia. Paling tidak, ini sampai tiga tahun ke depan.

Adapun hal itu sesuai kesepakatan antarperusahaan yang terlibat, setelah transaksi pembelian saham. Di Februari lalu, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) membeli sebagian saham PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) dengan nilai Rp494 miliar.

Untuk diketahui, saham ini mulanya dimiliki Fritolay Netherland Holding B.V., afiliasi dari PepsiCo Inc.

Dengan dibelinya saham IFL itu, tiga brand camilan yang disebutkan tadi, berhenti diproduksi di Indonesia mulai Agustus ini hingga tiga tahun ke depan.

Bukan hanya itu, baik Frito-Lay, PepsiCo maupun pihak afiliasi lainnya dilarang mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan apa pun di Indonesia.

Untuk diketahu, Lays, Cheetos, dan Doritos merupakan camilan populer di Indonesia, bahkan dunia.

Sebagai informasi, Lays dipasarkan pertama kali oleh Herman W. Lay di 1930-an. Insider melaporkan bahwa ia menjual Lays berkeliling dengan mobil di daerah Nashville, Tennessee, Amerika Serikat.

Ia kemudian harus bersaing dengan perusahaan Fritos—yang didirikan oleh Charles Elmer Doolin di Dallas, Texas—yang juga memproduksi Cheetos. Namun, tiga puluh tahun kemudian, Lays dan Fritos akhirnya bergabung dan membentuk Frito-Lay pada 1961. Sekitar empat tahun selanjutnya, perusahaan ini bergabung dengan Pepsi-Cola dan membentuk PepsiCo.

Sementara itu, keripik tortilla dengan merek Doritos—yang merupakan produksi Frito-Lay, baru dipasarkan secara komersial sekitar 1964. Beberapa tahun ke depan, keripik ini populer di mancanegara dengan beragam varian rasa. Di Indonesia sendiri, hanya tersedia tiga varian yakni Barbeque, Nacho Cheese, dan Roasted Corn.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :