UMKM Ini Ekspor Kopi ke Mancanegara

UMKM Ini Ekspor Kopi ke Mancanegara

Addiction.id-Jakarta Wildan Mustofa melihat potensi ekonomi di industri pengolahan kopi. Bersamaan dengan itu, ia juga melihat bahwa Pengalengan, Jawa Barat merupakan salah satu daerah penghasil kopi yang menjanjikan.

Berangkat dari situ, Wildan mencoba berbisnis kopi sejak 2012. Ia lantas membuat badan usaha CV Frinsa Agrolestari. Di bawah jenama Java Frinsa, ia memasarkan biji kopi green bean dari Pangalengan.

Sebelumnya, ia melakukan riset untuk mencari tahu metode produksi yang paling efektif untuk menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi. Dari upaya ini, sekarang ada 10 varietas kopi Pangalengan yang diolah menjadi green bean oleh Java Frinsa.

Adapun kopi green bean Java Frinsa didapat setelah melalui lima tahap pengolahan kering dan 11 tahap pengolahan basah. Kemudian kopi ini dipasarkan ke sejumlah negara, seperti Australia, Norwegia, Amerika Serikat, dan Cina.

Dalam menjalankan bisnisnya, Wildan turut memberdayakan para petani kopi di lingkungannya untuk memenuhi permintaan pasar.

“Saya memberi deposit untuk petani dan kemudian nantinya petani akan menanam kopi sesuai pesanan,” jelasnya, Senin (2/8).

Wildan juga mendorong warga setempat untuk menjadi petani kopi. Frinsa Agrolestari memberi fasilitas berupa penyediaan bibit kopi dengan harga murah. “Bahkan, petani bisa membeli bibit secara kredit, dengan cara memotong dari gaji jika mereka merupakan karyawan Java Frinsa, atau uang hasil penjualan ceri kopi saat panen nanti,” sambung dia.

Lebih lanjut, kata dia, petani yang mendapat bantuan itu tak harus menjual hasil panennya kepada Frinsa Agrolestari. Mereka bebas untuk mengembangkan usahanya masing-masing.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :