CEO Tokopedia Sabet Penghargaan di The Asian Banker

CEO Tokopedia Sabet Penghargaan di The Asian Banker

Addiction.id-Jakarta William Tanuwijaya, Pendiri dan CEO Tokopedia, memboyong penghargaan Innovation Leadership Achievement Award in Indonesia dari The Asian Banker. Ia sendiri menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang menyabet penghargaan tersebut.

William bersanding dengan delapan CEO top se-Asia Pasifik yang menyabet penghargaan yang sama. Mereka berasal dari Australia, Cina, India, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Untuk diketahui, The Asian Banker Innovation Leadership Achievement Awards merupakan program tiga tahunan dari The Asian Banker majalah ekonomi ternama di Asia. Gelaran ini mengapresiasi pentingnya kepemimpinan yang visioner, sehat, serta mendorong budaya inovatif di industri.

Adapun juri di gelaran itu di antaranya Professor Emeritus Alain Chevalier—yang merupakan profesor ekonomi di ESCP Europe, President and Chief Executive Officer of Banker’s Association for Finance and Trade (BAFT) Tod Burwell, dan konsultan bank Gordian Gaeta.

Sebagai informasi, ide menghadirkan e-commerce ini berangkat dari pengalamannya, di mana ia melihat adanya ketimpangan dalam distribusi barang yang membikin harga pokok di beberapa wilayah jadi lebih mahal. Kala itu, ia melihat harga barang di pasar tradisional di kampungnya, yakni Pematang Siantar, Sumatera Utara, lebih mahal dari harga di Jakarta.

William dan Leontinus Alpha Edison—yang kini Vice Chairman & Co-founder Tokopedia, memulai menjalankan Tokopedia pada 2007. Mereka ingin membangun etalase digital yang memungkinkan setiap orang punya kesempatan yang sama.

Namun, mereka pun harus terbentur masalah permodalan. Dua tahun berlalu, usahanya gagal dalam mencari pemodal.

Barulah di 2009, William mendapat modal pertama dari PT Indonusa Dwitama senilai Rp2,5 miliar. Tokopedia juga resmi diluncurkan di tahun yang sama. Saat itu, hanya ada 70 pedagang yang bergabung. Platform ini kemudian berkembang, hingga di 2013, Tokopedia mencatat setidaknya 2 juta penjualan. Dari situ, di 2014, Tokopedia mendapat pendanaan dari SoftBank Internet and Media Inc. (SIMI) dan Sequoia Capital dengan nilai Rp1,2 triliun.

Hingga kini Tokopedia bisa nyaris seluruh kecamatan di Indonesia, dengan 100 juta pengguna aktif tiap bulan dan menggandeng 11 juta penjual.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :