Penikmat Esport di Indonesia Paling Tinggi di Asia Tenggara

Penikmat Esport di Indonesia Paling Tinggi di Asia Tenggara

Addiction.id-Jakarta Indonesia menjadi pasar esport terbesar se-Asia Tenggara (SEA). Demikian ungkap Hugo Tristao, Head of Esport Newzoo.

Indonesia berada ada peringkat pertama dalam kategori Top Six Market, di mana penikmat esport-nya mencapai 17 juta orang. Kemudian disusul oleh Vietnam dengan 8,1 juta, lalu Filipina 6,7 juta, Thailand 4,3 juta, Malaysia 4,1 juta, dan Singapura 700 ribu. Angka-angka ini meliputi penggemar dan pemain di esport.

Tristao juga mengatakan bahwa Asia Tenggara menjadi tempat berkembangnya game mobile. “Kalau membandingkan angka-angkanya dengan para pemain game di PC, akan semakin jelas, bahwa Asia Tenggara telah menjadi kawasan yang mengutamakan mobile sebagai device-nya,” ujarnya secara daring pada Kamis (29/7).

Untuk diketahui, presentase penikmat game mobile mencapai 82% dari total populasi gamer di SEA. Sementara, persentase pemain PC ada di bawah pemain game mobile, yakni 73%. Selisih penggunaan ini, salah satunya, terjadi karena adanya jaringan 5G yang memudahkan pengguna untuk bermain dengan online.

Lebih lanjut, Tristao mengatakan bahwa esports akan terus bertumbuh dan berkembang. Adapun ini menjadi kali pertamanya sport digital bisa mengeksplorasi dan memanfaatkan peluang yang ada. “Pada 2020, saat terjadi pandemi, industri esports terkena dampaknya dan nilai pasarnya malah lebih dari USD 1 miiliar (sekitar Rp 14,4 triliun),” ujarnya.

Ia memprediksi angka itu akan terus meningkat, menimbang sorotan dari media dan masyarakat lebih besar. Kendati butuh waktu, bisa dipastikan pertumbuhannya meningkat di 2021.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :