Iklan di Facebook Tak Akan Target Anak Muda

Iklan di Facebook Tak Akan Target Anak Muda

Addiction.id-Jakarta Facebook tak akan lagi izinkan pengiklan untuk menargetkan pengguna remaja di seluruh platformnya, termasuk Instagram.

Menurut laporan, kebijakan itu membatasi pengiklan menggunakan informasi yang sebelumnya tersedia, seperti riwayat penelusuran dan pembelian di situs atau aplikasi lain. Adapun batas usia penargetan iklan mungkin untuk pengguna lebih tua dari 18 tahun, di negara-negara tertentu.

Perusahaan juga mengumumkan bahwa kebijakan itu akan dicanangkan dalam beberapa minggu ke depan.

Sebagai informasi, kebijakan itu merupakan respons terhadap tekanan dari kelompok advokasi yang memperingatkan bahaya iklan bertarget, terutama bagi pengguna muda.

“Kami telah memberi cara kepada orang-orang untuk memberi tahu kami bahwa mereka lebih suka tidak melihat iklan berdasarkan minat mereka atau aktivitas mereka di situs web dan aplikasi lain, seperti melalui kontrol dalam pengaturan iklan kami,” kata Facebook, baru-baru ini.

“Namun, kami telah mendengar dari para advokat remaja bahwa kaum muda mungkin belum cukup dewasa untuk membuat keputusan ini. Kami setuju dengan mereka, itulah sebabnya kami mengambil pendekatan yang lebih hati-hati tentang bagaimana pengiklan dapat menjangkau kaum muda dengan iklan, “kata platform itu dalam pengumumannya,” sambungnya.

Untuk diketahui, belakangan ini juga Facebook mendapat kritik dari kelompok advokasi dan anggota parlemen lantaran ingin membuat Instagram versi anak-anak. Merespons kritik ini, presiden produk Facebook untuk anak muda, Pavni Diwanji, mengataan bahwa pihaknya akan memberi pengalaman yang sesuai dengan usia dan memungkinkan aplikasi dikelola oleh orang tua.

“Dibutuhkan beberapa aspek untuk membuat pengalaman ini cukup menarik sehingga kelompok usia ini ingin menggunakannya, tetapi kami bertekad untuk melakukannya dengan benar,” lanjut dia.

Lebih lanjut, perusahaan berjanji untuk bekerja sama dengan para ahli dan pejabat terpilih saat mulai menjalankan proses itu. Mereka juga mengatakan bahwa versi Instagram untuk anak-anak tak akan menampilkan iklan.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :