Cara Telkomsel Memberdayakan dan Memperkuat Ekosistem Startup di Indonesia

Cara Telkomsel Memberdayakan dan Memperkuat Ekosistem Startup di Indonesia

Addiction.id-Jakarta Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) berkomitmen mendorong perkembangan startup Indonesia maupun dunia. Komitmen ini diwujudkan melalui dukungan pendanaan dan kemitraan jangka panjang.

TMI sendiri merupakan inisiatif digital dari Telkomsel, yang juga konsisten dalam pemberdayaan digital-preneurs, terutama startup yang berpotensi berkembang di Indonesia.

“Telkomsel telah menempatkan TMI sebagai mitra andal guna mendukung dan mempercepat pertumbuhan digital-preneurs dari para pelaku startup berpotensi di Indonesia, bahkan dunia. Komitmen tersebut menjadi salah satu upaya yang terus Telkomsel lakukan guna memperluas portofolio bisnis sekaligus memperkuat ekonomi digital nasional,” tutur Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, melalui keterangan tertulis, baru-baru ini.  

Selaku Direktur Utama baru TMI, Marlin R. Siahaan akan mengukuhkan positioning TMI sebagai mitra startup yang mendukung dalam bentuk pengembangan dan pemberdayaan solusi masa depan melalui dukungan strategic investment yang akurat dan terukur.

“Tentunya ada banyak hal yang akan dikembangkan TMI ke depannya, baik dari segi strategi maupun kolaborasi, sehingga kami bisa lebih luas membuka peluang tanpa batas bagi startup untuk berkembang,” kata Marlin.

Selama ini, lanjutnya, dukungan TMI bukan sekadar investasi modal, melainkan juga memperkuat synergy value melalui pemanfaatan aset yang dimiliki Telkomsel. Sehingga pelaku startup bisa menghadirkan solusi terdepan yang bermanfaat bagi masyarakat. “Nilai tersebut akan selalu dibawa dan menjadi pembeda bagi TMI yang berkomitmen menghadirkan smart digital-preneurship di Indonesia untuk mampu bersaing dalam skala global,” sambung dia.

Untuk diketahui, sejak hadir di 2019, TMI terus berinvestasi pada solusi masa depan yang berfokus pada sektor perdagangan dan periklanan, media dan hiburan, connecting device dan hardware, data dan analisis, serta jaringan dan infrastruktur. TMI juga gencar mengakselerasi pertumbuhan startup di sektor-sektor ini, dengan memanfaatkan sumber daya Telkomsel.

Marlin menambahkan, kiranya ada sembilan startup yang sudah mendapat investasi TMI. Hampir semuanya merupakan startup lokal yang berpotensi di bisnis digital serta menjanjikan di tiap sektornya. Untuk ini, TMI telah melakukan investasi sekitar USD 40 juta di sejumlah startup di Indonesia, seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

TMI pun membuka peluang investasi bagi startup global yang ingin mengembangkan dan memaksimalkan bisnis di Indonesia. Ini juga diharapkan bisa mendorong perkembangan positif bagi ekosistem digital di Indonesia.

“Ke depan, TMI akan dikembangkan untuk membuka berbagai peluang kolaborasi dan pemberdayaan startup lebih luas lagi. Sudah ada banyak hal yang telah kami persiapkan untuk merealisasikan berbagai rencana strategis dalam beberapa waktu ke depan. Semoga segala upaya ini bisa mendorong pemberdayaan calon digital-preneurs di Indonesia dan dunia melalui pemanfaatan ekosistem digital yang dimiliki oleh Telkomsel, demi penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan,” tuturp Marlin.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :