Cara Baru YouTube Bayar Konten Kreator

Cara YouTube Bayar Konten Kreator

Addiction.id-Jakarta YouTube segera menghadirkan fitur baru bernama Super Thanks. Fitur ini memungkinkan pengguna  memberi dukungan, termasuk uang, kepada konten kreator favorit mereka.

Melalui Super Thanks, dilansir dari The Verge (20/7), pengguna bisa memilih satu dari empat pilihan jumlah uang yang akan disalurkan kepada konten kreator, antara $2 dan $50 (atau setara dengan mata uang regional). Setelah memilih, pengguna akan melihat animasi di layar, kemudian nama mereka juga akan muncul di bawah video di kolom komentar. Di lain sisi, konten kreator yang didukung bisa menanggapi pesan ini layaknya komentar biasa.

Super Thanks sendiri merupakan opsi keempat yang ditambahkan oleh YouTube agar pengguna bisa mendukung langsung konten kreator. Sebelumnya, YouTube menawarkan keanggotaan kanal, di mana  konten kreator bisa menawarkan langganan bulanan. Lalu ada Super Stickers dan Super Chat, yang memungkinkan pemirsa memberi tip di chat selama live streaming. Super Stickers dan Chat berfungsi di feed langsung, sementara Super Thanks bisa digunakan di semua unggahan yang memenuhi syarat.

Menyoal Super Thanks, manajer produk barang digital berbayar di YouTube Barbara Macdonald tak memungkiri adanya kemungkinan pemirsa bisa memberi tip secara manual, di luar dari empat opsi tadi.

Untuk saat ini, Super Thanks masih dalam tahap uji coba. Lebih lanjut, untuk mendapat akses ke Super Thanks, konten kreator harus menjadi bagian dari Program Partner YouTube.

Sebagai informasi, YouTube membayar kreator konten dari sebagian pendapatan iklan yang ditayangkan di video mereka. Namun, pendapatan itu tak bisa diandalkan, bahkan jumlahnya menyusut lantaran pengiklan menarik diri dari YouTube selama kontroversi. Untuk mengatasi masalah ini, YouTube memberi opsi kepada konten kreator untuk mendapat bayaran langsung dari pemirsa, sehingga mereka tak sepenuhnya bergantung pada iklan.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :