Toyota Tak Jadi Sponsori Olimpiade Tokyo 2020

Toyota Tak Jadi Sponsori Olimpiade Tokyo 2020

Addiction.id-Jakarta Salah satu sponsor terbesar Olimpiade Tokyo 2020, Toyota Motor Corporation, mundur. Perusahaan ini tak akan menayangkan iklan TV-nya sepanjang olimpiade yang digelar di Jepang itu berlangsung.

Selain itu, CEO Toyota, Akio Toyota, dan sejumlah eksekutif senior pun tak akan hadir di pembukaan acara pada 21 Juli nanti.

Langkah-langkah itu diambil Toyota lantaran citra Olimpiade Tokyo cukup buruk di mata masyarakat Jepang. Olimpiade ini tetap digelar meski diprotes warga Jepang yang khawatir jika acara itu menjadi klaster penularan COVID-19. Selain itu, sejumlah kontroversi juga bermunculan, dari kasus pemerkosaan di venue pembukaan hingga dugaan rasisme Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach—yang menyebut warga Jepang adalah orang Tiongkok.

Dengan adanya masalah itu, media di Jepang berasumsi bahwa popularitas dan citra Toyota bisa turun jika tetap mensponsori Olimpiade Tokyo.

“Olimpiade telah menjadi acara yang tidak menggapai pemahaman publik,” ujar Executive Public Relation Toyota Nagata, Minggu (18/7).

Juru bicara Olimpiade Tokyo 2020 Masa Takaya menjelaskan rekanan dan sponsor telah mengalami kondisi pasang surut mendukung Olimpiade.

“Tentu saja, ada sentimen publik yang beragam terhadap Olimpiade. Harus ada keputusan dari masing-masing perusahaan dalam hal bagaimana mereka bisa menyampaikan pesan mereka kepada publik dari perusahaannya,” ujar Takaya.

Sebelumnya, Toyota berencana menayangkan serangkaian iklan di TV Jepang bersamaan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020. Namun, akhirnya, rencana ini digagalkan. Adapun mundurnya Toyota sebagai sponsor dinilai akan berdampak pada sponsor kecil lainnya, yang mungkin mundur dari Olimpiade Tokyo 2020.

Disebutkan ada sekitar 60 perusahaan Jepang yang sudah menghabiskan dana sponsor Rp43,5 triliun untuk acara yang seharusnya digelar 24 Juli – 9 Agustus 2020 itu. Meski jadwal diundur menjadi 21 Juli hingga 8 Agustus 2021, penyelenggaraannya ke depan masih dalam situasi darurat kasus positif COVID-19 varian Delta.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :