Facebook Jadi Sumber Penghasilan Bagi Konten Kreator

Facebook Jadi Sumber Penghasilan Bagi Konten Kreator

Addiction.id-Jakarta  Facebook menjanjikan bayaran kepada konten kreator yang menggunakan layanannya selama satu setengah tahun ke depan. Untuk ini, perusahaan menggelontorkan $1 miliar atau Rp14,5 triliun. Adapun upaya ini merupakan cara perusahaan untuk menggaet lebih banyak orang yang menggunakan layanannya.

Di Facebook, konten kreator bisa mendapat uang dari iklan di video mereka atau mencapai target penonton selama live streaming. Sementara, di Instagram, konten kreator dibayar dari iklan di video IGTV mereka, tip dari live streaming, atau dari video di Reels mereka.

Di tahap awal ini, hanya konten kreator yang diundang saja yang akan dibayar. Adapun opsi untuk mendapat penghasilan akan diumumkan nanti. Facebook akan memperluas manfaat ini untuk lebih banyak konten kreator pada akhir tahun ini. 

Sebelumnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan bahwa ia ingin menjadikan Facebook sebagai platform terbaik untuk mencari penghasilan bagi jutaan konten kreator.

“Jadi kami membuat program baru untuk menginvestasikan lebih dari $1 miliar untuk memberi penghargaan kepada konten kretor atas konten hebat yang mereka buat di Facebook dan Instagram hingga 2022. Berinvestasi pada pembuat konten bukanlah hal baru bagi kami, tetapi saya bersemangat untuk memperluas pekerjaan ini dari waktu ke waktu,” tulis Zuckerberg melalui akun resminya, belum lama ini.

Inisiatif itu merupakan langkah agresif dari Facebook setelah bertahun-tahun perusahaan lain ingin menarik lebih banyak konten kreator yang menggunakan platform mereka, misalnya TikTok dan Snapchat. Kiranya menginvestasikan uang di banyak layanan dan platform yang berbeda (Facebook dan Instagram), membantu Facebook jadi menonjol di tengah persaingan saat ini.

Sebelum inisiatif itu muncul, Facebook mengumumkan bahwa pihaknya tak akan memotong uang konten kreator yang menggunakan layanannya hingga 2023.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :