Iklan Tampilkan Data KTP, Lazada Diprotes

Iklan Tampilkan Data KTP, Lazada Diprotes

Addiction.id-Jakarta Iklan jasa cetak KTP elektronik berseliweran di e-commerce Lazada. Sialnya, KTP tersebut terpampang tanpa disensor. Hal ini membikin banyak warganet terkejut dan mempertanyakan kinerja platform. Adapula yang melaporkan kejadian ini langsung ke akun Divisi Humas Polri.

Untuk diketahui, penjual jasa itu bernama Birojasakreo, namun kini akunnya sudah hilang. Meski begitu, iklannya masih beredar, demikian pula data pemilik e-KTP tersebut.

Menanggapi hal itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pihak Lazada untuk segera menutup akun penjual jasa tersebut. Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyayangkan Lazada yang tak memverifikasi untuk mempromosikan penjual.

Dalam iklan itu terlihat ada satu e-KTP milik seorang warga, yang namanya terpampang jelas tanpa sensor. Selain namanya, seluruh data dalam e-KTP itu bisa dibaca oleh masyarakat.

“Pasti karena tidak bagus diverifikasinya… Nanti kami koordinasi dengan Lazada untuk ditutup,” ujar Zudan, Jumat (16/7).

Diketahui, iklan jasa cetak kartu identitas itu berseliweran di berbagai e-commerce. Ada yang menawarkan jasa cetak KTP-e, kartu keluarga, dan kartu lainnya yang bersifat rahasia.

Zudan menegaskan hal semacam itu tak dibolehkan. “Karena itu adalah calo dan pungli, langsung saja ke dinas dukcapil,” tandasnya.

Sebelumnya, sejumlah warganet turut mengomentari iklan jasa cetak e-KTP di Lazada itu. Di antara mereka meluapkan kekesalan dan kekhwatiran akan tersebarnya iklan semacam itu.

“Lah ng*he di lazada ada yang bisa cetak KTP rusak. Begini ini apa gak takut data-datanya dicuri ya?,” tulis akun @s*******.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :