Perkuat Pasar di ASEAN, AirAsia dan Gojek Bermitra

Perkuat Pasar di ASEAN, AirAsia dan Gojek Bermitra

Addiction.id-Jakarta Baru-baru ini, AirAsia dilaporkan bermitra dengan layanan on-demand dan pembayaran Gojek di Thailand. Perusahaan penerbangan ini mengambil alih operasional Gojek, melalui lini bisnis AirAsia Digital. Kemitraan ini diharapkan bisa mempercepat ekspansi AirAsia SuperApp di negara ASEAN.

Sebagai informasi, AirAsia SuperApp ialah platform all in one, yang melayani kebutuhan travel hingga gaya hidup. Adapun produk yang ditawarkan meliputi akses penerbangan, hotel, hingga terkait makanan, kesehatan, pendidikan serta periklanan.

Menurut CEO AirAsia Group Tony Fernandes, kemitraan pihaknya dengan Gojek bisa menggebrak industri digital. Dengan ekosistem ekonomi digital milik AirAsia Digital, kemitraan ini dinilai bagi pertumbuhan perusahaan.  

“Bisnis digital akan terus dikembangkan dan diperkuat. Kemitraan menjadi jalan mewujudkan SuperApp ASEAN,” kata Tony, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, upaya tersebut dilakukan Gojek untuk meningkatkan investasi di Vietnam dan Singapura, demi memperkuat strategi bisnis internasional. Melalui kemitraan itu, Gojek akan mendapat saham di AirAsia SuperApp dengan nilai sekitar US$ 1 miliar atau setara Rp 14,5 triliun.

“Kesepakatan juga memungkinkan kami memperkuat fokus dan investasi kami di pasar internasional yaitu Vietnam dan Singapura,” ujar CEO Gojek Kevin Aluwi, Rabu (7/7).

Untuk diketahui, Vietnam dan Singapura dinilai sebagai pasar yang bisa memberi pengembalian investasi (return on investment) secara optimal. Untuk bisa fokus di kedua pasar ini, maka seluruh operasional Gojek Thailand akan diambil alih AirAsia.

Selain itu, berharap kemitraan pihaknya dengan AirAsia mampu meningkatkan kesejahteraan mitra pengendara dan mitra merchant.

Gojek memang sudah beroperasi di Vietnam dan Singapura sejak beberapa tahun lalu. Kedua pasar ini diproyeksikan akan menjadi pusat pertumbuhan yang kuat untuk bisnis perusahaan. Ke depannya, perusahan akan menjalankan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan jumlah mitra driver dan mitra merchant, meningkatkan pengalaman pelanggan, hingga meluncurkan produk dan layanan baru.

Sejauh ini, Gojek beroperasi di kota-kota utama di tiga negara di Asia Tenggara. Sampai dengan Maret 2021, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh lebih dari 190 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :