TikTok Larang Influencer Promosikan Layanan Keuangan

TikTok Larang Influencer Promosikan Layanan Keuangan

Addiction.id-Jakarta TikTok melarang konten promosi atau iklan produk layanan keuangan dari influencer, termasuk cryptocurrency, perdagangan saham, dan investasi, dikutip Minggu (11/7). Pelarangan ini dilakukan untuk menghentikan gelombang investasi berisiko tinggi yang tak sesuai dan penipuan di platform.

Sebelumnya, TikTok mendapat sorotan lantaran mengizinkan promosi dan konten jasa keuangan yang belum diatur, yang juga mungkin menyesatkan. Konten ini dikhawatirkan bisa menyesatkan dan membuahkan masalah keuangan serius bagi investor muda yang kurang pengetahuan, Yahoo Finance melaporkan.  

Pada Maret lalu, Otoritas Perilaku Keuangan atau Financial Conduct Authority telah memperingatkan bahwa investor muda yang rentan secara finansial kerap terlibat dalam investasi berisiko tinggi yang ‘tidak sesuai’.

“Kami khawatir bahwa beberapa investor tergoda, seringkali melalui iklan online atau taktik penjualan bertekanan tinggi, untuk membeli produk berisiko tinggi yang sangat tidak cocok untuk mereka,” katanya.

Pendiri dan CEO Boring Money Holly Mackay mengatakan satu-satunya insentif bagi influencer yang  membicarakan jasa atau produk keuangan ialah mendapatkan uang. Mereka memberi informasi, namun tak peduli jasa atau produk apa yang akhirnya dipilih audiens.

“Dalam praktiknya, sebagian besar institusi besar berjuang untuk menguasai Twitter, apalagi TikTok, jadi ini seharusnya langkah ini hanya membersihkan mereka yang menebarkan sampah berbahaya untuk keuntungan komersial,” ungkap Mackay.

Selain TikTok, perusahaan teknologi lain juga mulai mengambil langkah yang lebih keras terhadap iklan penipuan di platform mereka. Google, misalnya. Per 30 Agustus lalu, pengiklan layanan atau produk keuangan harus  memiliki izin dari FCA atau memenuhi syarat untuk salah satu ‘pengecualian terbatas’ yang tersedia.

Pengecualian tersebut termasuk produk seperti layanan pinjaman uang, taruhan, iklan perjudian dan produk dalam lingkup cryptocurrency dan perbaikan kredit.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :