TikTok Bantu Pemasaran Produk Otomotif

TikTok Bantu Pemasaran Produk Otomotif

Addiction.id-Jakarta TikTok menjadi salah satu platform yang digandrungi pengguna di dunia. Berangkat dari hal ini, platform tersebut sering kali digunakan untuk beriklan, salah satunya, oleh produsen otomotif.

Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini menyebutkan bahwa konten otomotif di Indonesia naik selama periode Mei 2020 hingga Mei 2021. Disebutkan bahwa konten ini melonjak 5,1 kali lipat. “Kami melihat pesat sekali pertumbuhannya,” imbuhnya, Jumat (9/7).

Adapun konten yang dihasilkan beraneka ragam, dari ulasan fitur atau produk terbaru dari satu merek otomotif, hingga kegiatan sehari-hari yang tak langsung melibatkan produk otomotif. Melihat ini, Sitaresti menilai bahwa pengguna TikTok di Indonesia semakin variatif membuat konten.

Tampaknya, pengguna menggunakan TikTok bukan cuma untuk hiburan, melainkan juga untuk promosi produk. Terbukti bahwa produsen otomotif juga turut memasarkan produknya menggunakan TikTok. Konten-konten semacam ini dinilai potensial mendorong daya beli. Menurut survei internal, 87% pengguna TikTok membeli produk yang mereka lihat di konten.

Sitaresti menyebut bahwa demografi pengguna TikTok pun mendukung penjualan produk. Ia menjelaskan bahwa pengguna TikTok Indonesia umumnya termasuk kategori mapan dan tak cuma terkonsentrasi di Gen Z. “Jadi akan banyak audiens yang terhubung, berkolaborasi dan menyukai konten otomotif,” kata dia.

Untuk diketahui, algoritme TikTok mempermudah pengiklan produk, di mana iklan akan lebih akurat dipersonalisasi untuk menjangkau pasar yang tepat.

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara mengatakan, pemasaran produk otomotif menggunakan platform digital menjadi alternatif di tengah pandemi Covid-19. “Saat ini pilihan digital banyak diadopsi oleh pabrikan,” ujar dia.

Ia mengatakan bahwa konten iklan tak hanya fokus di brand otomotif saja, tapi juga komponen ataupun modifikasi. Ia sendiri mengatakan bahwa promosi produk otomotif di platform digital bisa memberi dampak pada penjualan. Namun, ia mengaku belum punya data terkait kontribusi iklan di TikTok terhadap penjualan.

Sekadar informasi, industri otomotif nasional saat ini terus naik meski pandemi Covid-19 masih melanda. Pada April 2021, Gaikindo melaporkan penjualan mobil ritel atau dari dealer ke konsumen mencapai 79.499 unit. Jumlah tersebut naik 1.984 unit atau 2,56% dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 77.515 unit.

Penjualan ritel pada April 2021 naik 227,48% jika dibandingkan dengan tahun lalu, di mana penjualan ritel hanya mencapai 24.276 unit. Secara tahunan penjualan wholesales melonjak hingga lebih dari 900% dari 7.868 unit pada April 2020.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :