Kasus COVID-19 Melonjak, #WargaBantuWarga Menggema di Media Sosial

Kasus COVID-19 Melonjak, #WargaBantuWarga Menggema di Media Sosial

Addiction.id-Jakarta Indonesia saat ini tengah mengalami lonjakan kasus COVID-19. Tercatat bahwa kasus positif pada Jumat, 9 Juli 2021 ini bertambah 38.124. Adapun rata-rata penambahan kasus di Indonesia di tujuh hari belakangan ini ialah 30.699, dikutip dari data yang dihimpun Our World in Data berdasarkan covid19.go.id.

Penambahan kasus COVID-19 itu jauh melesat sejak merebaknya virus Corona varian Delta di Indonesia pada akhir Juni lalu. Peningkatan kasus ini membuat kamar rumah sakit di sejumlah wilayah terisi penuh. Bahkan peralatan kesehatan seperti tabung oksigen juga langka. Padahal masih ada pasien COVID-19 yang membutuhkan penanganan khusus, terlebih di saat krisis.

Berangkat dari fakta tersebut, banyak pengguna media sosial yang menggemakan tagar #WargaBantuWarga. Ini merupakan cara warganet membantu warganet lain di masa pandemi ini, seperti mencari fasilitas kesehatan. Di Instagram, misalnya.

Di tiga hari belakangan ini, poster yang didominasi warna kuning dan bertuliskan #WargaBantuWarga menyebar di platform Instagram. Pada poster pun tertulis “Kami mendedikasikan platform kami untuk pertukaran dan distribusi informasi seputar COVID-19” dan “Sila tag/mention/DM kami untuk dapat Kami bantu”.

Setelah ditelisik, rupanya poster itu dibuat dan disebarkan pertama kali oleh akun Instagram @suarpadma. Ia mengunggah poster itu pada Selasa, 6 Juli 2021.

“Hingga pekan-pekan mendatang, kami membuka dan mendedikasikan platform kami sebagai medium untuk pertukaran dan berbagi informasi terkait mitigasi dan penanganan COVID-19 di Indonesia,” tulis keterangan unggahan tersebut.  

“Tentu ini merupakan upaya yang sangat minimal dan masih membutuhkan kerja sama kolektif yang lebih besar. Namun, setidaknya upaya ini juga salah satu yang dapat dilakukan oleh platform-platform seperti kami di tengah kondisi saat ini. Karena informasi sekecil apapun bisa menyelamatkan,” lanjut tulisan.

Ia pun menganjurkan akun-akun lain untuk memakai dan menyebarkan poster tersebut.

Gayung pun bersambut, sejumlah pemilik akun mengunggah ulang poster tersebut di stories dan feed mereka. Misalnya akun Instagram @yangkaga2, @miejaggerbgr, dan @watedrockers. Ketiganya turut mengunggah ulang poster di feed dan berbagi informasi seputar pandemi hingga ketersediaan fasilitas kesehatan.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :