Brand Cina Dominasi Ruang Iklan di EURO 2020

Brand Cina Dominasi Ruang Iklan di EURO 2020

Addiction.id-Jakarta Ruang iklan di turnamen EURO pada tahun ini tampaknya didominasi oleh iklan produk brand asal Cina.

Jumlah iklan brand asal Cina di tahun ini dilaporkan meningkat jika dibandingkan pada EURO 2016 lalu, yang hanya ada satu sponsor asal Cina yaitu televisi HiSense.

Kerry Allen, analis BBC bidang media, mengatakan bahwa lebih dari lima juta unggahan di situs media sosial Weibo yang menggunakan tagar EURO.

“Banyak media keuangan Cina menulis sejumlah laporan mengenai perusahaan-perusahaan Cina yang jumlahnya sepertiga dari seluruh sponsor resmi EURO,” lanjut Kerry, belum lama ini.

Praktisi periklanan sekaligus pendiri Make Love Not Porn yang berdarah campuran Tionghoa, Cindy Gallop, menilai ada pesan penting di balik penyiaran iklan brand Cina.

“Dalam skenario di mana kita perlu menghentikan kebencian terhadap orang Asia di setiap negara, saya pikir bagus ada brand Cina sebagai bagian dari pemandangan familiar untuk menduniakan bahasa sepak bola,” terangnya.

Sementara itu, Badan Sepak Bola Eropa atau UEFA selaku penyelenggara acara mengaku tak punya strategi spesifik terkait kolaborasi pihaknya dengan perusahaan Cina. “Akan tetapi, kami ingin melibatkan audiens global, seperti halnya brand yang bergabung dengan program komersial kami,” tambah UEFA, dikutip dari BBC.

Diketahui, adapun salah satu pengiklan asal Cina itu ialah TikTok. Layanan video pendek ini turut masuk ke dalam daftar resmi mitra resmi EUFA. Perusahaan ini telah mengerahkan berbagai upaya untuk promosi, siaran langsung TikTok, dan tantangan membuat tagar.

UEFA bahkan membuat akun khusus untuk turnamen ini. Saat ini akun tersebut telah diikuti 4,2 juta orang.

Selain itu, ada pula platform pembayaran asal Cina, Alipay. Alipay turut membawa serta Antchain, yang merupakan perusahaan blockchain. Keduanya merupakan bagian dari raksasa AntGroup.

Sebagai informasi, blockchain itu menjadi medium pencatatan digital yang disimpan dalam banyak komputer secara terpisah. Dengan ini, catatan gol sulit diubah atau dipalsukan. Sistem ini umumnya digunakan untuk mencatat transaksi uang virtual, namun bisa juga digunakan untuk menyimpan informasi lain.

Pada bulan lalu, Antchain mengumumkan kemitraan dengan UEFA untuk menjadi sponsor. Sebelumnya,  Alipay telah membuat kesepakatan serupa selama delapan tahun. Melalui kesepakatan itu, Alipay akan memberi piala untuk pencetak gol terbanyak dalam turnamen EURO. Adapun semua catatan gol dan skor pertandingan disimpan di Antchain. Teknologi blockchain AntChain ini membantu memastikan pencatatan gol secara permanen dan tak bisa dicurangi.  

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :