Pinterest Larang Iklan Penurunan Berat Badan di Platformnya

Pinterest Larang Iklan Penurunan Berat Badan di Platformnya

Addiction.id-Jakarta Menyusul media sosial lainnya, Pinterest melarang semua jenis iklan penurunan berat badan di platformnya. Pasalnya, iklan ini dinilai membahayakan kesehatan mental. Kepala konten Pinterest Aya Kanai telah mengonfirmasi perihal kebijakan hal ini.

“Pinterest kini melarang iklan apa pun yang  membahas penurunan berat badan, referensi BMI, atau menunjukkan citra yang mengidealkan tipe tubuh tertentu,” ungkap Kanai, beberapa waktu lalu, kepada Glamour.

Langkah itu tampaknya wujud komitmen Pinterest yang ingin menciptakan ruang yang aman, positif, dan inklusif. Kebijakan ini merupakan bagian dari pembaruan baru pada Pinterest Creator Code, sebuah aturan yang harus dipatuhi oleh semua pengguna platform.

“Seiring dengan pertumbuhan platform kami, kami selalu mengevaluasi bagaimana kami mempertahankan kepositifan dan inklusivitas platform. Iklan yang mempromosikan penurunan berat badan atau mengidealkan tipe tubuh tertentu bisa menjadi pemicu yang berbahaya. Dengan adanya larangan baru ini, kami memastikan bahwa seluruh Pinners merasa betah saat berada di Pinterest,” ujar Kanai.

Meski begitu, bukan berarti Pinterest terbebas dari semua konten terkait penurunan berat badan. “Pinners bisa terus mencari inspirasi tentang tips makan sehat dan olahraga guna mendukung program kebugaran atau nutrisi mana pun,” lanjut Kanai.

Data terkait pencarian Pinterest terbaru tampaknya menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna yang mencari konten berdasarkan kebugaran tubuh.

Dibandingkan dengan beberapa media sosial utama lainnya, seperti Facebook dan TikTok, Kanai percaya bahwa Pinterest Creator Code baru ini paling ketat dari seluruh platform digital.

Melihat reaksi orang-orang terhadap brand dan kampanye yang mendorong inklusivitas dan keberagaman saat ini, langkah Pinterest tampaknya masuk akal.  Ini juga menunjukkan bahwa audiens punya intoleransi terhadap iklan yang “mempermalukan”, membandingkan, dan melanggengkan budaya diet.  

Paling tidak, kebijakan Pinterest itu menunjukkan bahwa platform mengedepankan kesehatan mental dan kenyamanan Pinners, bukan sekadar mendapat keuntungan.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :