Bintang Iklan Oskadon Ki Manteb Tutup Usia

Bintang Iklan Oskadon Ki Manteb Tutup Usia

Addiction.id-Jakarta “Oskadon pancen oye!” demikian pekik seorang pria berpakaian adat Jawa dan blangkon di kepalanya.

Pemirsa televisi tentu familiar dengan sosok pria itu. Bagaimana tidak? Ia selalu muncul di layar kaca sebagai bintang iklan obat sakit kepala Oskadon. Di iklan-iklan ini, ia berperan sebagai dalang wayang.

Ki Manteb Soedarsono

Mungkin pemirsa belum tahu, nama pria itu adalah Manteb Soedarsono. Bukan sekadar akting sebagai dalang, pria yang kerap disapa Ki Manteb ini memang dalang betulan.

Belum lama ini, tepatnya pada Jumat, 2 Juli 2021, Ki Manteb Soedarsono menghembuskan napas terakhirnya. Ia meninggal saat melakukan isolasi mandiri di rumah, setelah diketahui dirinya positif COVID-19 sepulang dari Jakarta.

Jenazah kemudian dimakamkan di pemakaman keluarga dengan protokol COVID-19.

Sepanjang hidupnya, Ki Manteb tak pernah menerima tawaran untuk menjadi bintang iklan produk lain. Demikian keterangan Putut Wijanarko, salah satu kerabat Ki Manteb.

Adapun jargon ‘Oskadon pancen oye’ yang diucapkan Ki Manteb di iklan Oskadon cukup populer di kalangan masyarakat. Hal-hal itulah yang membuat Oskadon tak menghentikan kontrak iklannya.

“Beliau dikontrak seumur hidup,” ujar Putut. Ia menambahkan Oskadon juga memberi perlakuan istimewa kepada Ki Manteb, dengan nilai kontrak mencapai ratusan juta rupiah per tahunnya.

Putut mengatakan, Ki Manteb memperoleh kontrak itu sejak era 90-an. Iklan itu membuat Ki Manteb juga memperoleh julukan baru sebagai ‘Dalang Oye’.

Menurutnya, Ki Manteb bangga dengan julukan itu. Buktinya, Ki Manteb tak sungkan menyisipkan huruf OYE di plat nomor semua mobilnya. “Seperti misalnya di mobil Alphard yang dimiliki plat nomor AD 4 OYE,” sambung pria yang juga merupakan dalang itu.

Lebih lanjut, kata Putut, Oskadon masih bisa menggunakan materi iklan serupa sepeninggal Ki Manteb. “Setahu saya kontraknya seperti itu. Nanti untuk urusan pembayaran kontrak dibicarakan dengan anaknya sebagai ahli waris,” tuturnya.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :