Mesin Pencari Pesaing Google Janjikan Bebas Iklan

Mesin Pencari Pesaing Google Janjikan Bebas Iklan

Addiction.id-Jakarta Neeva akhirnya meluncurkan mesin pencari pertamanya. Startup yang didirikan oleh mantan petinggi Google Ads Sridhar Ramaswamy ini dilaporkan tak akan menampilkan iklan di hasil penelusuran. Tak heran demikian, sebab layanan ini berbasis langganan dengan biaya Rp66 ribu per bulan.

Meski begitu, layanan ini menghadirkan coba gratis selama tiga bulan pertama.

Mesin pencari Neeva itu mirip yang dimiliki Google. Hanya saja, Neeva tak menampilkan iklan di hasil penelusuran pengguna. Perusahaan menilai hal ini akan memberi pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Sebab dengan begitu, pengguna bisa menggunakan waktunya lebih efektif tanpa harus menggulir iklan terlebih dahulu.

“Neeva dibangun di atas premis bahwa pencarian harus fokus pada konsumen, dan hanya konsumen, bukan pengiklan,” ujar Sridhar Ramaswamy, yang kini menjadi Chief Executive Officer Neeva, Rabu (30/6).

Menurut situs resmi Neeva, 40% dari hasil penelusuran di mesin pencari populer berisi iklan. Sementara, di mesin pencari Neeva menjanjikan 100% tanpa iklan. Tanpa iklan, artinya Neeva harus memungut biaya langganan per bulan dari pengguna.  

Agar pengguna bersedia berlangganan, Neeva menghadirkan sejumlah fitur tambahan yang tak tersedia di mesin pencari populer seperti Google.

Misalnya, Neeva memungkinkan pengguna mencari kotak masuk email, kalender, dan dokumen yang mereka simpan di platform penyimpanan file berbasis cloud. Tujuannya, konsumen bisa menghemat waktu saat menelusuri web dan file mereka di satu tempat.

Neeva juga dilengkapi kemampuan untuk memblokir cookie tracker pihak ketiga yang digunakan pengiklan untuk mengumpulkan data.

Lebih lanjut, di tahap awal, mesin pencari Neeva baru diluncurkan  di Amerika Serikat. Saat ini, belum ada kepastian kapan akan dirilis global.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :