Grab Dukung UMKM Pulihkan Ekonomi Nasional Lewat Kampanye #TerusUsaha

Grab Dukung UMKM Pulihkan Ekonomi Nasional Lewat Kampanye #TerusUsaha

Addiction.id-Jakarta Perekonomian Indonesia saat ini tampaknya mengalami pemulihan, meski pandemi COVID-19 masih menggempur. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan pada Rabu, 5 Mei 2021 lalu, bahwa produk domestik bruto (PDB) diprediksi tumbuh 6,9—7,8 % di triwulan II 2021 ini. Pertumbuhan ini turut didukung oleh menguatnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengakui bahwa UMKM menjadi pilar kuat menopang perekonomian nasional. Mereka terus menghadirkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat selama pandemi.

“Pandemi membuktikan bahwa UMKM memiliki peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia,” ungkap Ridzki melalui keterangan tertulis, belum lama ini.

Saat ini, Indonesia punya 64,2 juta unit usaha UMKM. Angka ini hampir 99,9% dari total unit usaha di Indonesia. Meski UMKM berkembang subut, Ridzki merasa sebagian besar di antaranya masih di luar ekosistem ekonomi digital.

Berangkat dari hal itu, Grab meluncurkan gerakan #TerusUsaha untuk mendongkrak digitalisasi UMKM. Guna kesuksesan program ini, Grab berkolaborasi dengan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM), serta pemerintah di 12 provinsi.

Ridzki menjelaskan bahwa program digitalisasi itu membantu pelaku UMKM memperluas bisnis. Program ini memberi lebih banyak saluran kepada mitra untuk meningkatkan pendapatan. Selain itu, ada pula pelatihan dan peningkatan keterampilan UMKM, serta pemasangan iklan—untuk meningkatkan visibilitas online yang bisa meningkatkan penjualan mitra.

Selain itu, Grab juga meluncurkan microsite yang dirancang khusus untuk UMKM. Melalui microsite ini, Grab memberi tip dan pengetahuan kepada para pelaku UMKM agar bisa mengembangkan bisnis secara online.

 “Kami berharap pelaku UMKM dapat memasuki ekosistem digital yang mendukung mata pencaharian sehingga dapat membantu mereka meningkatkan pendapatan,” tandas Ridzki.

Sebelumnya, Grab juga baru-baru ini mendukung kebijakan Kementerian Penanaman Modal/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam proses pengajuan izin usaha UMKM. Dengan mengikuti alur pengajuan izin usaha ini, UMKM akan mendapat Nomor Izin Usaha (NIB) melalui Online Single System (OSS).

Menyoal hal itu, Grab akan menyebarluaskan informasi kepada UMKM dan menyediakan helpdesk bagi UMKM yang menghadapi kendala dalam mendapat izin usaha.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :