Lihai Lihat Peluang, Pebisnis Milenial Ini Punya Omzet Puluhan Juta

Lihai Lihat Peluang, Pebisnis Milenial Ini Punya Omzet Puluhan Juta

Addiction.id-Jakarta  Annisa melihat peluang bisnis di masa pandemi COVID-19 ini. Perempuan asal Malang itu melihat banyak orang yang berbelanja secara online karena mobilitas mereka dibatasi. Ia lantas membuka toko online bernama Kyan Mart di marketplace Tokopedia pada Maret 2020 lalu.

Dengan label Kyan Mart, ia sempat menjajal berjualan beragam produk, dari fesyen, kuliner, hingga mainan anak. Namun, kini Annisa fokus berjualan groceries (kebutuhan rumah tangga) lantaran produk ini dinilai sebagai fast moving item yang banyak dibutuhkan.

“Saya lihat ini juga musim pandemi orang ‘kan nggak keluar-keluar, termasuk saya pun belanja seringnya online. Akhirnya saya coba bikin ini. Pelan-pelan sih bertumbuhnya,” kata Annisa, Minggu (27/6).

Annisa, Pemilik Kyan Mart

Sejak mengawali bisnis hingga sekarang, perempuan berusia 24 tahun itu mengaku selalu melihat peluang untuk mengembangkan usahanya. Ia menjelaskan, di awal pandemi ketika Kyan Mart baru dibuka, ia melihat masyarakat menggandrungi produk vitamin dan alat kesehatan. Sehingga produk-produk inilah yang dijajakkannya.

“Lalu pas lockdown mulai pindah tuh ke groceries. Sekarang saya lebih banyak di groceries, kebutuhan rumah tangga juga kebutuhan ibu dan bayi kayak susu. Terus peralatan rumah tangga kayak sabun dan segala macamnya. Sama melengkapi mainan anak,” terangnya.

Oleh karena sikapnya itu, Annisa mengaku bisnisnya terus berkembang. Mulanya, kata dia, omzet yang ia dapat hanya sebesar Rp4 juta per bulan. Namun, di periode Desember 2020 hingga Januari 2021 lalu, omzetnya mencapai Rp36 juta. Adapun peningkatan ini terjadi karena efek pembatasan sosial, yang membikin banyak masyarakat berbelanja online.

Bukan cuma itu, Annisa mengungkapkan bahwa Kyan Mart selalu berpatisipasi dalam kampanye di Tokopedia. “Supaya orang lebih aware kalau ada Kyan Mart dan bisa belanja apa aja di Kyan Mart. Sejak ada campaign itu memang followers nambah, selain itu lebih banyak juga orang-orang baru yang belanja,” ujarnya.

Ia juga menggunakan fitur TopAds serta broadcast chat agar tokonya bisa menjangkau pasar lebih luas.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kampanye dan fitur yang ada di Tokopedia membantu dirinya menjangkau pasar saat baru memulai usaha online. Kini Kyan Mart milik Annisa telah melayani pembelian di seluruh Indonesia.

Annisa berharap bisnis onlinenya bisa lebih sustainable dan memperoleh omzet tinggi. Dengan begitu, ia bisa berbagi kepada orang lain yang membutuhkan. “Nggak serta merta kita mikirin keuntungan aja, bikin usaha itu bukan untuk cari keuntungan pribadi tapi juga biar bisa banyak berbagi. Jadi yang saya alami dari perjalanan saya sendiri, semakin banyak berbagi semakin banyak juga yang didapatkan,” sambung dia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :